Take a fresh look at your lifestyle.
     

UHO Kendari Perpanjang Kerjasama dengan Pemkab Konsel

116

Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan perpanjangan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa, 26 April 2022.

Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of understanding (MOU) dalam rangka meningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di aula lantai 4 rektorat UHO.

Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, MoU ini menjadi legalitas yang akan dikerjakan UHO dalam memberikan dukungan pembangunan di Kabupaten Konsel.

“Keberadaan perguruan tinggi itu adalah bentuk dukungan keberhasilan pembangunan di daerah, tetapi harus dilakukan secara terstruktur, dan formal,” kata Zamrun dalam sambutannya.

“Pada intinya, lembaga pendidikan mendukung bagaimana keberhasilan pembangunan di daerah,” sambungnya.

Rektor UHO 2 periode ini melanjutkan, dengan MoU ini diharapkan mendukung pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan teknologi melalui pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, UHO Kendari diharapkan dapat bersinergi dengan program di daerah.

“Itu merupakan tupoksi perguruan tinggi. Jadi bagaimana tupoksi perguruan tinggi itu bisa bersinergi dengan program pembangunan di daerah,” bebernya.

Ia menambahkan, MoU ini adalah syarat mutlak dan dasar hukum baik bagi UHO Kendari maupun Pemkab Konsel dalam menjalankan program kerjasama.

Iklan oleh Google

Rektor UHO Muh Zamrun Firihu dan Bupati Konsel Surunuddin Dangga menandatangani dokumen kerjasama. (Ahmad/Nawalamedia.id) 

 

Zamrun menyebut, MoU ini sebenarnya sudah ada sejak 2016. Hanya karena kebetulan kerjasama sebelumnya sudah selesai, maka diperpanjang kembali.

“Jadi banyak yang sudah kita kerjakan, di perikanan yang sudah jalan serta di bidang peternakan. InsyaAllah banyak nanti kita kerjasamakan. Artinya tugas kami membantu bagaimana kelancaran khususnya pembangunan di daerah,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, kerjasama yang dibangun sejak 2016 itu, sudah banyak manfaat yang daerah dapatkan dari dukungan UHO Kendari.

Misalnya, program-program spesial di desa. Kajian dan penelitian UHO Kendari menjadi bahan membentuk kebijakan-kebijakan di daerah.

“Hal ini kita butuh kajian seperti halnya di bidang lingkungan, bidang perikanan. Itu jasa UHO memberikan kajian bahwa itu layak sehingga daerah itu sangat membutuhkan kerjasama dengan Universitas Halu Oleo,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya MoU ini masyarakat miskin di Konsel berkurang dan sejahtera.

“Jadi MoU ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai payung untuk membantu pembangunan pemerintah daerah,” harapnya.

Untuk diketahui dalam penandatanganan MoU tersebut dihadiri seluruh Dekan Fakultas se Universitas Haluoleo dan para pejabat Pemkab Konsel. (Ahmad/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi