Take a fresh look at your lifestyle.
     

Rahmat Bagja Terpilih Aklamasi Ketua Bawaslu RI Periode 2022-2027

141

Rahmat Bagja terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2022-2027 dalam rapat pleno Anggota Bawaslu.

Informasi dari Humas Bawaslu RI, keputusan rapat pleno Anggota Bawaslu untuk penetapan Ketua Bawaslu dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, sebagaimana dimuat dalam Pasal 92 Ayat (8) yang menyebutkan ‘Ketua Bawaslu dipilih dari dan oleh anggota Bawaslu’.

Dalam rapat pleno anggota Bawaslu, Pasal 92 ayat (10) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyebutkan bahwa ‘Setiap anggota Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Ketua Panwaslu Kecamatan, dan Ketua Panwaslu Luar Negeri mempunyai hak suara yang sama’.

Selain menghasilkan keputusan secara aklamasi menetapkan Rahmat Bagja sebagai Ketua Bawaslu RI periode 2022-2027, pimpinan juga menggelar rapat pleno susunan penanggung jawab divisi dan koordinator wilayah.

Hal ini sesuai perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum tentang Tugas Bawaslu (Pasal 93), wewenang Bawaslu (Pasal 95) dan Kewajiban Bawaslu (Pasal 96), Bawaslu menyampaikan hasil Rapat Pleno Anggota Bawaslu tentang ‘Susunan Penanggung Jawab Divisi dan Koordinator Wilayah Bawaslu.

Iklan oleh Google

Untuk Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Pendidikan Pelatihan dikoordinatori oleh Herwyn Jefler Hielsa Malonda dan Wakil Koordinator Divisi, Lolly Suhenty.

Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Koordinator Divisi, Totok Hariyono dan Wakil Koordinator Divisi, Puadi.

Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Koordinator Divisi, Lolly Suhenty dan Wakil Koordinator Divisi, Totok Hariyono.

Selanjutnya, Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Koordinator Divisi, Puadi dan Wakil Koordinator Divisi, Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Selain Divisi, Bawaslu juga menetapkan Koordinator Wilayah. Untuk Sulawesi Tenggara dikoordinatori oleh Herwyn Jefler Hielsa Malonda dan Wakil Koordinator Totok Hariyono. (rls)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi