Take a fresh look at your lifestyle.
     

Mahasiswa KKN Tematik UHO Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

124

Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melakukan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu Kota Kendari.

Dalam KKN tematik di Kelurahan Kambu ini, mahasiswa membawa tema program “Membangun Karakter Masyarakat dalam Pengelolaan Sampai Rumah Tangga”.

Program ini digagas oleh Dosen Universitas Halu Oleo Dr Syahbudin, SH., M. Hum. sebagai ketua tim, dan beranggotakan Dr. H. La Aba, S.Si., M.Si., Dr. H. La Ndia, M.Kes., Dr. H. Fahimu, M.Si., Dr. Aceng Haetami, M.Si. dan Rahmad Prajono, S.Pd., M.Sc.

Dari sosialisasi dan survei lapangan yang dilakukan KKN Tematik UHO 2021, masih banyak masyarakat yang pembuang sampah bukan pada tempatnya, terlebih di daerah sekitar kali.

Sementara itu, Kepala Lurah Kambu Arwan Juliansyah menyebut, kesadaran masyarakat dalam hal kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah di Kelurahan Kambu terkait kebersihan lingkungan sekitar rata-rata tinggi.

“Antusias dan partisipasi beberapa RT terkait masalah kesadaran membuang sampah sangat tertib dan teratur membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Permasalahan di RT 02 yaitu bak sampah yang sudah rusak dan tidak layak digunakan lagi untuk menampung sampah warga,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya mahasiswa KKN tematik membawa warna baru di Kelurahan Kambu terutama dampak yang baik dengan berinisiatif membuat bak sampah yang dimana dibantu oleh warga sekitar.

“Dengan adanya bak sampah yang baru ini warga tidak lagi membuang sampah sembarang tempat dan Insya-Allah ke depannya warga membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan,” tuturnya.

Berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik UHO 2021, di sekitar lorong Maleo dan lorong Rajawali banyaknya kos-kosan yang kurang pengawasan membuat para penghuni kos seenaknya membuang sampah sembarangan. Sehingga di beberapa tempat banyak terletak titik genangan akibat penyumbatan sampah tersebut.

Salah satu penyebab masyarakat membuat sampai sembarangan karena kurangnya bak sampah terdekat untuk bisa dijangkau oleh masyarakat setempat.

Atas dasar itu lah, mahasiswa KKN tematik UHO menawarkan untuk membuat dan merenovasi bak sampah di beberapa RT di Kelurahan Kambu terutama  di Jalan Prof. Dr. Abdurrauf Tarimana dan Lorong Kharisma.

“Sebagai program kerja utama mereka dan penyediaan beberapa tong sampah sebagai penyimpanan sampah sebelum dibawah ke bak sampah yang permanen. Kemudian mahasiswa KKN bersama masyarakat setempat merealisasikan kegiatan tersebut agar pemanfaatannnya tepat sasaran oleh masyarakat setempat,” kata Syahbudin.

Kolase
Kolase foto kegiatan mahasiswa KKN Tematik UHO Kendari di Kecamatan Kambu dalam hal ini pembuatan bak sampah. (Istimewa)

Sosialisasi Rumah ke Rumah

Di samping kegiatan tersebut sebagai kegiatan lain mahasiswa KKN Tematik Kelurahan Kambu ini turut melakukan sosialisasi door to door atau dari rumah ke rumah oleh 17 orang peserta KKN Tematik secara bertahap pada warga Kelurahan Kambu.

Iklan oleh Google

Dalam sosialisasi itu mahasiswa hendak membangun karakter masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga pada masyarakat Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu Kota Kendari.

Pada 13 September 2021 dilakukan sosialisai dan temu akhir tentang pengelolaan sampah Kelurahan Kambu. Pada acara tersebut dihadiri oleh Camat Kambu, Babinsa, Lurah Mokoau, Lurah Kambu, Tim KKN Tematik Kelurahan Kambu, Mahasiwa KKN Tematik, aparat kantor Lurah Kambu serta beberapa masyarakat Kelurahan Kambu.

Camat Kambu Sentosa, SPi menyampaikan, Kecamatan Kambu sebagai domisili Universitas Halu Oleo khususnya Kelurahan Kambu yang diapit oleh Kelurahan Lalolara dan Kelurahan Padaleu, mendapatkan perhatian khusus dalam pengelolaan sampah, baik oleh Pemerintah Kota Kendari, khususnya Pemerintah Kacamatan Kambu.

Lebih lanjut ia menyampaikan salah satu program Pemerintah Kecamatan Kambu yaitu, pengadaan sumber daya pengelolaan sampah dari pemungut sampah, peralatan dan perlengkapannya yang didukung oleh pemerintah Kota Kendari.

Pada kesempatan yang sama, Drs. Sulfa, M.Si selaku Ketua RT. 06 RW 03 Kelurahan Kambu ikut menjadi pembicara tentang pengelolaan sampah.

Ia menyebut, sampah bukan hal yang jorok atau kotor karena sampah itu dari warga itu sendiri.

“Kita yang kelola dan akhirnya kita juga yang merasakan kalau ada dampaknnya. Jadi sampah itu bukan busuk tapi diikrarkan bahwa sampah itu harum,” katanya.

Sosialisasi
Sosialisasi membangun kesadaran pengelolaan sampah dari rumah ke rumah. (Istimewa)

Bahkan, lanjut dia, sampah ini bisa meraup penghasilan. Hal itu dirasakannya karena selama ini ia banyak berkecimpung dalam pengelola TPS3R sekitar Perumahan Dosen Kampus Baru UHO di Kelurahan Kambu.

Pada kesempatan itu juga Lurah Kambu Arwan Juliansyah, S.Sos., M.Si menyampaikan, kegiatan KKN Tematik tentang .embangun karakter masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga sangat dirasakan besar manfaatnya oleh warga Kelurahan Kambu.

Lurah Kambu berharap, kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan di kelurahannya, sekaligus juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekeliruan, kesalahan yang dilakukan oleh dirinya atau aparat kelurahan selama mereka KKN di Kelurahan Kambu.

Pada kesempatan itu pula, Dr. H. La Aba, S.Si., M.Si selaku anggota Tim KKN Tematik UHO di Kecamatan Kambu sekaligus sebagai Ketua LPPM yang merupakan penanggung jawab kegiatan KKN Tematik UHO menyampaikan bahwa kegiatan KKN Tematik dapat dilakukan dimana saja. Hal itu tergantung usulan tim dosen pengabdian pada masyarakat, disesuaikan dengan konten dan kebutuhan pada wilayah atau daerah tertentu yang disepakati dengan institusi yang bersangkutan atau institusi yang dituju oleh KKN Tematik.

Sebagai penutup, Ketua Tim KKN Tematik Kelurahan Kambu Syahbudin menyebut, pada dasarnya KKN Tematik di Kelurahan Kambu dilakukan dari pengamatan awal bahwa masih adanya warga yang kurang perhatian dalam pengelolaan sampah.

“Harapan kami mudah-mudahan dengan selesainya KKN Tematik ini dapat membangun kembali karakter warga Kelurahan Kambu dalam pengelolaan sampah yang tertib dan benar,” tuturnya.

Pada kesempatan itu pula sebagai Ketua Tim KKN Tematik menerima kembali mahasiswa KKN Tematik untuk kembali ke kampus melakukan aktifitas akademik. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi