Take a fresh look at your lifestyle.
   

KONI Sultra Bungkam Soal LPJ Dana Hibah Rp5 Miliar

134

Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Sulawesi Tenggara (Sultra), digeruduk puluhan masa aksi yang mengatasnamakan Forum Kajian Pemuda Mahasiswa Indonesia (FKPMI), Kamis 19 Oktober 2023.

Ketua FKPMI Ardianto mengatakan, kedatangan mereka di kantor KONI Sultra untuk mempertanyakan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana hibah sebesar Rp5 miliar yang dialokasikan oleh Pemprov Sultra.

“Tadi di penghujung diskusi, setelah dicerca beberapa pertanyaan mengenai dana hibah Rp5 miliar ini, diperuntukan untuk siapa, mereka juga tadi ogah untuk menjawabnya,” kata Ardianto.

Ia mengungkapkan, Ketua KONI Sultra yang juga anak dari mantan Gubernur Sultra, berdalih bahwa alokasi dana merupakan pembahasan internal KONI.

“Katanya itu masalah internal mereka, sementara berbicara tentang dana hibah itu untuk publik, harus kita tahu, harus kita kawal bersama,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, dari hasil pertemuan dengan jajaran KONI Sultra, pihaknya disampaikan bahwa dari 100 persen anggaran, alokasi dana ke atlet mencapai 90 persen.

Iklan oleh Google

“Mereka menyampaikan, bahwa 90 persen dialokasikan untuk atlet itu sendiri, dan 10 persen untuk mereka. Namun 90 persen itu pihak KONI tidak bersedia untuk merincikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris KONI Sultra Elvis Basri Uno mengatakan, dana Rp5 miliar yang dikelola olah pihaknya, disalurkan di beberapa kegiatan.

“Totalnya itu Rp5 miliar, dan itu juga dibagi dari beberapa kegiatan, di sini juga ada biaya operasional, di sini ada biaya makan, minum, dan biaya pemeliharaan gedung kantor,” jelasnya.

Namun, saat ditanyakan mengenai alokasi anggaran untuk dana prestasi, Elvis dan Ketua KONI Sultra enggan menjawab pertanyaan tersebut.

“Nantilah, dinda-dinda akan diberitahukan pada saatnya,” ucapnya.

Selain itu juga saat ditanya terkait anggaran di salah satu cabang olahraga (Cabor) yakni tenis lapangan yang cukup besar, Elvis dan Ketua KONI Sultra Alfian kembali tidak banyak berkomentar.

“Nanti dengan cabor-nya, tidak etis kalau dibahas di sini,” pungkasnya. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi