Take a fresh look at your lifestyle.
     

UHO Kendari Teken MoU dengan UNMUS Merauke

354

Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerjasama dengan Universitas Musamus (UNMUS) Merauke di ruang rapat pimpinan Gedung Rektorat UHO, Senin 21 Maret 2022.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) oleh Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni UNMUS, Yosehi Mekiuw.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun mengatakan, MoU ini merupakan bagian dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerjasama dengan Universitas Musamus (UNMUS) Merauke. (Nawalamedia.id)

 

“Sekarang kita dasarnya dulu program merdeka belajar kampus merdeka harus disukseskan program mas Menteri. Kalau dulu hanya sebatas tridharma saja dan sekarang banyak hal yang harus dikerjakan,” kata Prof Muhammad Zamrun.

Rektor UHO 2 periode ini menjelaskan, dalam MoU tersebut mahasiswa UHO bisa ke UNMUS, begitu juga sebaliknya.

“Kalau ada MoU ini semuanya nantinya bisa kita kerjakan, makanya hari ini kita MoU dengan UNMUS,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam MoU ini ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan mulai dari tridharma, pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Misalnya, S1 dari UNMUS bisa ke UHO Kendari dan S2 bisa lanjut S3 di kampus terbesar di Sultra itu. Tidak menutup kemungkinan juga, kata Zamrun, nantinya dilakukan penelitian dan seminar bersama.

Iklan oleh Google

“Makanya dengan MoU ini semua bisa kita kerjakan, meliputi tridharma dan hal-hal lainnya kira-kira yang kita sepakati kedua belah pihak,” tutupnya.

Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerjasama dengan Universitas Musamus (UNMUS) Merauke. (Nawalamedia.id)

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni UNMUS, Yosehi Mekiuw mengaku memilih UHO untuk melakukan kerjasama ini, karena menilai kampus terbesar di Sultra ini sudah berkembang pesat.

Untuk itu, kata dia, tidak ada salahnya UNMUS mencoba berkomunikasi dengan UHO, sehingga tridharma, pengembangan lembaga dan pengembangan SDM di UNMUS bisa terwujud dengan baik.

“Kita meminta dukungan. Artinya kita sama-sama mendorong UNMUS itu maju seperti di Indonesia Tengah maupun bagian barat. Apa salahnya kami belajar dari UHO untuk mewujudkan itu,” kata Yosehi Mekiuw.

Ia mengaku, saat ini di UNMUS memiliki enam fakultas. Enam fakultas tersebut semua ada di UHO Kendari dan diharapkan bisa berkolaborasi ke depannya.

“Kita sama-sama mendorong fakultas-fakultas di UNMUS berkolaborasi dengan fakultas di UHO,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada tiga poin penting dalam MoU kali ini, yaitu terkait tridharma, pengajaran mengenai merdeka belajar kampus merdeka, pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian dan pengabdian serta pengembangan jurnal.

“Kita berharap adanya berkolaborasi penelitian, pengabdian, KKN kebangsaan bersama antara UNMUS dan UHO. Ada mahasiswa maupun dosen Merauke ke sini dan begitu juga sebaliknya,” tutupnya. (Advertorial/re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi