Take a fresh look at your lifestyle.
     

Tuduhan Punya Ilmu Hitam ‘Parakang’, Rumah Warga di Konawe Selatan Dibakar

198

Sekelompok orang membakar rumah milik warga di Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan hanya karena tuduhan memiliki ilmu hitam ‘parakang’, Minggu 2 Januari 2022.

Rumah milik pasangan suami isteri IL (60) dan WL (55) yang berprofesi sebagai nelayan itu didatangi sejumlah warga yang marah karena menuduh WL diduga memiliki ilmu hitam.

Kapolsek Moramo Utara Ipda Gema Brajaksono menyebut, pemilik rumah tersebut diduga oleh warga menjadi penyebab kematian salah satu keluarga mereka.

“Benar ada kejadian pembakaran tersebut, motifnya ilmu hitam,” ungkap Kapolsek Moramo Utara Ipda Gema Brajaksono, Senin 3 Januari 2022.

Ia melanjutkan, pelaku pembakaran menganggap penyebab kematian keluarganya adalah istri dari IL yang memiliki ilmu parakang.

Iklan oleh Google

Menurutnya, warga nekat membakar rumah tersebut agar pasangan suami istri ini keluar dari Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara karena dianggap telah meresahkan warga lainnya.

Akibat pembakaran rumah ini, IL dan WL menderita kerugian sekitar Rp25 juta. Beruntung kedua korban berhasil diselamatkan oleh aparat kepolisian Polsek Moramo Utara.

Kasus pembakaran rumah ini telah ditangani oleh Sat Reskrim Polres Konawe Selatan untuk proses hukum lebih lanjut.

Istilah ‘parakang’ dikenal oleh masyarakat Sulawesi kepada seseorang yang dianggap pintar ilmu hitam. Biasanya, ‘parakang’ menargetkan korbannya yang sedang sakit, ibu hamil atau anak kecil.

Mitos soal parakang juga pernah diangkat ke layar lebar oleh sineas lokal pada 2017 lalu. (re/yat)

 

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi