Take a fresh look at your lifestyle.
     

Tabrakan Kapal, Nakhoda KM Sumber Rejeki 03 Meninggal Dunia

43

Nakhoda KM Sumber Rejeki 03, Baharudin (55) meninggal dunia usai kapalnya terlibat tabrakan dengan kapal MV Sami di sekitar Perairan Tanjung Pemali Kabupaten Buton.

Selain itu, satu anak buah kapal (ABK) kapal tersebut bernama Doni (35) dilaporkan hilang dalam peristiwa tersebut. Saat ini, korban dalam pencarian tim SAR.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Muhamad Arafah menyatakan, setelah laporan kecelakaan, tim SAR langsung diberangkatkan ke lokasi.

Pada pukul 06.05 WITa Tim Rescue Pos SAR Baubau dengan menggunakan RIB tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan ABK KM Sumber Rejeki 03 selanjutnya melakukan pencarian terhadap 1 orang ABK yang diduga terjatuh dari kapal.

“Pada pukul 08.20 WITa RB 210 tiba di lokasi dan mengevakuasi 5 orang ABK Kapal KM Sumber Rejeki 03,” katanya.

Pada pukul 09.00 WITa nakhoda bernama Baharudin pingsan dan diberikan resusitasi jantung paru sebanyak lima kal namun korban tetap tidak sadarkan diri sehingga diputuskan untuk dievakuasi ke puskesmas terdekat.

“Pada pukul 09.30 Wita tiba di Puskesmas Gerak Makmur untuk mendapatkan penanganan medis dan pada pukul 10.15 WITa nakhoda KM Sumber Rejeki 03 An. Baharudin dinyatakan MD (meninggal dunia) oleh dokter yang bertugas menangani di puskesmas tersebut,” tuturnya.

Iklan oleh Google

Pada pukul 10.00 WITa KM Sumber Rejeki 02 tiba di lokasi untuk melakukan penarikan kapal KM Sumber Rejeki 03 menuju Baubau.

Hingga memasuki pukul 17.30 WITa, pencarian terhadap 1 orang ABK yang diduga terjatuh dari KM Sumber Rejeki 03 dengan hasil nihil.

“Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali besok pagi pada pukul 06.30 WITa,” pungkasnya.

Diberitakan, tabrakan kapal terjadi di Perairan Tanjung Pemali Kabupaten Buton antara KM Sumber Rejeki 03 dan MV Sami, Sabtu 21 Oktober 2023 sekitar pukul 03.00 WITa.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Muhamad Arafah menyarakan, KM Sumber Rejeki 03 dengan penumpang 6 orang rute Binongko menuju Baubau bertabrakan dengan kapal MV. Sami berpenumpang 25 orang rute Banjarmasin menuju Maluku Utara di Tanjung Pemali Kabupaten Buton.

“Akibat dari kejadian tabrakan tersebut salah seorang ABK dari KM Sumber Rejeki 03 tidak berada di kapal pada saat pengecekan dan diduga korban terjatuh ke laut mengingat kondisi kapal KM Sumber Rejeki 03 mengalami kerusakan yang parah akibat tabrakan tersebut,” kata Arafah dalam rilisnya.

Data penumpang KM Sumber Rejeki 03 :
1. Baharudin/Laki/55tahun/Nakhoda/MD
2. Doni/Laki/35tahun/ABK/DP
3. Ardi/Laki/58tahun/KKM/Selamat
4. Labili/Laki/57tahun/ABK/Selamat
5. Yasin/Laki/40tahun/ABK/Selamat
6. Muharam/Laki/58tahun/ABK/Selamat

(yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi