Take a fresh look at your lifestyle.
     

Sapi Milik Warga Koltim Dibeli Jokowi untuk Kurban di Sultra

19

Sapi peranakan simental milik Jusman warga Desa Watupute, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) terpilih menjadi sapi Presiden Joko Widodo untuk kurban di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Iduladha 1445 Hijriyah.

Sapi kurban yang dipilih Presiden Jokowi ini memiliki usia 4,5 tahun dengan bobot seberat 1.000 kilogram atau 1 ton. Sapi yang merupakan persilangan antara induk sapi jenis Simental dengan Simental IB tersebut dibeli dengan harga Rp85 juta.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio, sapi kurban Presiden Joko Widodo ini akan disembelih di Masjid Al Kautsar Kendari.

“Akan diserahkan ke Masjid Raya Al Kautsar sebagai tempat penyembelihan sapi kurban bantuan dari Presiden,” beber Asrun.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, LM Rusdin Jaya mengatakan sapi tersebut telah diverifikasi oleh tim kepresidenan dan telah dinyatakan sehat untuk dikurbankan.

Iklan oleh Google

“Sapi ini telah dilakukan verifikasi dan pemeriksaan sampel darah dan alhamdulillah dinyatakan sehat,” katanya.

Kata dia, saat ini sapi peranakan Simental yang dibeli presiden Jokowi tersebut masih berada di lokasi peternakan di Kabupaten Koltim.

“Sapinya masih di Koltim, nanti kita menunggu informasi dari panitia hewan kurban Masjid Al Kautsar Kendari, tapi biasanya H-1 sudah dibawa (ke Kendari),” jelasnya.

Adapun waktu pengantaran dan proses penyembelihan diserahkan kepada Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sultra bersama panitia penyembelihan hewan kurban.

Diketahui, Distanak Sultra sebelumnya menawarkan empat sapi kurban kepada tim kepresidenan. Dua sapi berasal dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan dua sapi dari Kabupaten Koltim.

Dua sapi asal Kabupaten Konsel tersebut berjenis Limousin dan Wagyu, sedangkan dua sapi lainnya asal Kabupaten Koltim berjenis Simental. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi