Take a fresh look at your lifestyle.
     

Kendari PPKM Level 3, UHO Akan Gelar Perkuliahan Online Dua Minggu

210

Universitas Halu Oleo Kendari menunda sementara perkuliahan tatap muka (PTM) secara 100 persen akibat dari kebijakan PPKM level 3 di Kota Kendari.

Wakil Rektor III UHO Kendari Nur Arafah menyatakan, dua pekan pertama awal perkuliahan di UHO akan digelar secara dalam jaringan (daring).

“Sesuai aturan rektor mungkin 2 minggu pertama daring dulu,” kata Nur Arafah, Sabtu 26 Februari 2022.

Bila mengacu pada aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bila suatu daerah diterapkan PPKM level 3 maka perkuliahan berlangsung 50 persen dari total kapasitas mahasiswa.

“Jadi, nanti ganti-gantian. Ada offline dan online, kapasitas 50 persen,” bebernya.

Ia melanjutkan, dalam penerapan perkuliahan tatap muka, pihaknya tetap mempertimbangkan level PPKM yang ditetapkan di Kota Kendari.

Iklan oleh Google

“Satu atau dua tahap ini kita berlakukan daring terlebih dahulu, dembari kita melihat level PPKM ini menurun maka kita menyesuaikan dengan kapasitas 50 tadi,” paparnya.

Masih kata Nur Arafah, persoalan vaksinasi juga menjadi indikator digelarnya perkuliahan tatap muka. Untuk itu, ia mengingatkan kepada mahasiswa agar segera melakukan vaksin.

Sebelumnya diberitakan, proses belajar mengajar semester genap 2021/2022 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dilaksanakan secara offline atau tatap muka. Hal itu berdasarkan hasil rapat penyelenggaraan akademik 16 Februari 2022.

Kebijakan perkuliahan semester genap 2021.2 didasarkan pada keputusan Dirjen Diktiristek nomor 2/E/KPT/2022 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran semester genap TA 2021/2022 di perguruan tinggi. Saat ini Provinsi Sultra dan khususnya Kota Kendari berada pada PPKM level 3.

Wakil Rektor Bidang Akademik, La Hamimu menyatakan, untuk mahasiswa program diploma dan sarjana (S1) yang berada pada semester 2 dan semester 4 dapat diprioritaskan untuk mengikuti perkuliahan secara tatap muka dengan syarat harus  mematuhi protokol kesehatan yang berlaku secara ketat dan terbatas.

“Saat ini mahasiswa sudah melaksanakan perkuliahan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata La Hamimu melalui surat edaran pada Kamis, 17 Februari 2022.

Selain itu, lanjut La Hamimu, revisi kurikulum dengan menambah mata kuliah pilihan sebagai wujud implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sudah mulai dijadwalkan melalui siakad terhitung semester genap 2021.2. Para koordinator prodi diminta untuk melakukan konversi mata kuliah MBKM yang diprogramkan mahasiswa pada semester gasal 2021.1. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi