Take a fresh look at your lifestyle.
     

Dinilai Kampus yang Berkembang Bagus, UNMUS Merauke Pilih UHO Jalin Kerjasama

102

Universitas Musamus (UNMUS) Merauke jajaki kerjasama dengan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dalam rangka meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni UNMUS, Yosehi Mekiuw mengatakan, sebelum kerjasama dengan UHO, UNMUS sudah bekerjasama dengan sejumlah universitas mulai UNHAS, ITS dan lainnya.

“Kami melirik Universitas Halu Oleo, karena Universitas Halu Oleo ini sudah berkembang bagus,” kata Yosehi Mekiuw saat ditemui usai agenda MoU di Gedung Rektorat UHO, Senin 21 Maret 2022.

Lanjutnya, UNMUS mencoba berkomunikasi dengan Universitas Halu Oleo untuk meminta dukungan terkait tridharma, pengembangan lembaga dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sama-sama mendorong Musamus maju seperti universitas yang ada di Indonesia tengah maupun di Indonesia barat. Apa salahnya kami belajar dari Universitas Halu Oleo,” kata Yosehi Mekiuw.

Iklan oleh Google

Yosehi Mekiuw mengatakan, enam fakultas yang ada di Universitas Musamus ternyata ada juga di Universitas terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

“Sama-sama kita mendorong fakultas-fakultas di Musamus berkolaborasi dengan fakultas yang ada di Universitas Halu Oleo,” jelasnya.

Ia menambahkan, ada beberapa poin penting isi dalam MoU ini yaitu tentang tridharma perguruan tinggi berupa pengajaran, penelitian dan pengabdian serta pengembangan jurnal.

Pengajaran berkaitan dengan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), pertukaran mahasiswa maupun pertukaran dosen dan kolaborasi penelitian dan pengabdian. Kemudian, KKN kebangsaan bersama antara UNMUS dan Universitas Halu Oleo. Misalnya, ada mahasiswa dari UNMUS kuliah di UHO, begitu juga sebaliknya.

“Jadi kolaborasi penelitian dan pengembangan jurnal maupun pertukaran jurnal. Ada dosen Musamus yang bisa memasukannya di sini, begitupun sebaliknya. Kemudian pengembangan SDM berkaitan dengan studi lanjut, ada dosen kami yang studi di sini. Artinya dengan kerjasama ini bisa diterima oleh UHO,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi