Take a fresh look at your lifestyle.
     

Wali Kota Resmikan Wahana Bermain di Teluk Kendari

127

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meresmikan wahana bermain yang berlokasi di Tambat Labuh, Teluk Kendari, Rabu 9 Februari 2022.

Fasilitas yang disediakan di Tambat Labuh berupa Anjungan Teluk Kendari yang dapat digunakan sebagai tempat rapat ataupun tempat pertemuan, serta wahana bermain anak yaitu, kora-kora, bianglala dan komidi putar.

Selain itu, terdapat juga jembatan kaca sejauh 72 meter yang menghubungkan badan anjungan Teluk Kendari.

Untuk menggunakan wahana bermain itu, perlu menggunakan Kartu Elektronik Kendari Sukses, yang bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (Bank Sultra).

Sulkarnain Kadir menjelaskan, pembangunan Anjungan Teluk Kendari beserta wahana bermain itu, telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sejak tahun 2020 lalu dan baru bisa diselesaikan pada 2022 akibat pandemi COVID-19.

Kemudian, seluruh fasilitas itu untuk menambah pesona kawasan teluk yang menjadi andalan masyarakat di Kota Kendari.

“Tidak banyak kota-kota di Indonesia yang memiliki teluk sebagaimana kita yang memiliki teluk di Kota Kendari seperti saat ini,” jelasnya.

Mantan Wakil Wali Kota Kendari ini mengatakan, untuk potensi wisata Teluk Kendari perlu dioptimalkan, serta ke depannya fasilitas ini bakal terus bertambah, akan terus berkembang guna memperindah kawasan Teluk Kendari.

Iklan oleh Google

Ia menyebut, tidak sedikit yang meragukan gagasan membangun wahana bermain serta jembatan kaca itu mampu diwujudkan.

“Sengaja pemerintah kota bertekad meski perjalanannya tidak mudah, untuk mewujudkan ide gagasan ini, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, yang sudah dua tahun. Ini merupakan gabungan prestasi serta karya yang telah di bangun oleh pendahulu-pendahulunya,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, anjungan Teluk Kendari serta wahana bermain anak bertujuan untuk meningkatkan kepariwisataan Kota Kendari.

“Khususnya peningkatan daya tarik wisata di kawasan Teluk Kendari, serta untuk meningkatkan kesempatan berusaha, kesempatan kerja dan sekaligus meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

Kawasan tambat labuh zona tiga seluas sekira 37 hektare yang dibangun pada 2014, yang kemudian berlanjut pada 2018 dengan fasilitas penunjang seperti penempatan paving block, lampu jalan dan pembuatan taman.

Selanjutnya pada 2019 anjungan kemudian dibangun beserta dengan pos penjagaan. selanjutnya di 2021 kembali dibangun jembatan anjungan teluk kendari dan wahana bermain.

“Anggaran yang pembangunan jembatan pendukung anjungan Teluk Kendari sebesar kurang lebih Rp4,4 miliar, dan wahana bermain kurang lebih sebesar Rp5 miliar yang bersumber dari APBD Kota Kendari tahun 2021,” tutupnya.

Untuk diketahui, Anjungan Teluk Kendari serta wahana bermain anak dibangun berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Peraturan Daerah (Perda) Kota Kendari Nomor 14 Tahun 2020 Tentang APBD Kota Kendari Tahun Anggaran 2021 dan Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 7 Tahun 2021 Tentang APBD Kota Kendari Tahun Anggaran 2022. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi