Take a fresh look at your lifestyle.
     

UPT PK2M UHO Akan Gelar Webinar Nasional Kewirausahaan

83

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Halu Oleo akan menggelar Webinar Nasional Kewirausahaan pada 16 September 2021 mendatang di Hotel Claro Kendari.

“Ini adalah salah satu upaya mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) bidang kewirausahaan,” kata Kepala UPT PK2M UHO, Sarinah dalam keterangan tertulisnya, Rabu 8 September 2021.

Lebih lanjut Sarinah mengatakan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat entrepreneur mahasiswa baru yang terkoneksi dalam kurikulum melalui mata kuliah umum kewirausahaan.

Sarinah
Kepala UPT PK2M UHO, Sarinah. (Istimewa)

 

Sementara itu, Ketua Panitia Amin Tunda menjabarkan secara teknis kegiatan tersebut. Ia mengatakan narasumber kegiatan itu akan mengundang Rektor UHO, Muh Zamrun Firihu, Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Kemendes PDTT, Kadin Sultra, dan President Director  PT Amanah Prima Indonesia.

Amin Tunda mengatakan webinar nasional ini akan diikuti 750 mahasiswa baru angkatan 2021 yang merupakan perwakilan 15 fakultas dan 1 vokasi dalam lingkungan Universitas Halu Oleo.

“Kegiatan ini akan dilakukan melalui 2 metode, yakni tatap muka dan online. Untuk tatap muka, kami hanya mengundang 80 peserta dalam ruangan berkapasitas 250 orang, sehingga metode ini bisa dilakukan pada masa new normal,” bebernya.

Ia melanjutkan, ada persyaratan khusus untuk mereka yang mengikuti kegiatan secara tatap muka, yaitu telah mengantongi sertifikat vaksin Covid-19, menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak. .

Iklan oleh Google

“Selanjutnya, sebanyak 670 peserta akan mengikuti seminar secara online. Agar dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, kami akan akan menyiarkan secara langsung melalui YouTube,” imbuhnya.

Kami berharap, melalui kegiatan ini dapat menyiapkan sumber daya manusia yang cerdas komprehensif, menumbuhkan motivasi kewirausahaan pemuda khususnya di kalangan mahasiswa baru.

Selain itu, membangun sikap mental dan budaya wirausaha muda, meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business.

“Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi, tangguh, dan berbudaya,” katanya.

“Universitas Halu Oleo sebagai perguruan tinggi negeri yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara mengambil peran dalam rangka menyukseskan program pemerintah MBKM-Kewirausahaan dengan mengadakan webinar nasional kewirausahaan untuk meningkatkan semangat, jiwa, dan pola pikir pemuda, khususnya mahasiswa tentang kewirausahaan, sehingga pada akhirnya hadir para wirausaha mandiri, kreatif, inovatif menciptakan peluang bisnis dan membangun negeri,” tutup Sarinah.

Amin
Ketua Panitia Amin Tunda. (Istimewa)

 

Untuk diketahui, UPT PK2M terdiri dari dua kelompok kerja (Pokja), yakni Kewirausahaan dan Pusat Karir. Pokja Pengembangan Kewirausahaan berfungsi memfasilitasi pencipta lapangan pekerjaan khususnya mahasiswa dengan kebijakan dan program penguatan kelembagaan yang mendorong peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan Sains (IPTEKS).

Pokja Pusat Karir berfungsi memfasilitasi pencari kerja, khususnya alumni UHO untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan keterampilannya. Di sisi lain melakukan fungsi mempertemukan mahasiswa dan alumni sebagai pencari kerja dengan pengguna kerja (user).  Diharapkan juga berfungsi  melaksanakan rekrutmen tenaga kerja melalui bursa kerja, mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan kerja serta melaksanakan “Tracer Study”. (yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi