Take a fresh look at your lifestyle.
     

Presiden Jokowi Diagendakan Lepas Liar Anoa dan Rusa di Taman Nasional Rawa Aopa

128

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dijadwalkan akan kembali berkunjung di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Februari 2022 mendatang.

Kedatangan orang nomor di Indonesia ini akan menghadiri perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Kendari, Sultra pada 9 Februari mendatang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini dijadwalkan akan melakukan pelepasliaran hewan endemik jenis Anoa dan Rusa di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRW) di perbatasan Kabupaten Konawe Selatan dan Bombana.

“Kami saat ini tengah mempersiapkan kebutuhan kegiatan pelepasliaran hewan endemik ini. Begitu juga dengan kesiapan kehadiran Bapak Presiden RI segala kebutuhan kawasan penangkaran hewan jenis Anoa maupun Rusa sudah siap,” kata Kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Ali Bahri saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 25 Januari 2022.

Iklan oleh Google

Ali Bahri mengatakan, tempat acara pelepasliaran berada tepat di kawasan pembangunan penangkaran Anoa dan Rusa yang memiliki luas masing-masing penangkaran sebesar 80 hektare persegi.

“Jumlah hewan endemik Anoa ini diperkirakan berjumlah kurang lebih dua ratusan ekor begitu juga jenis Rusa yang mendiami taman ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil taksiran melalui alat audio visual yang ditempatkan di beberapa sudut taman nasional dan telah diteliti serta diobservasi pihak Balai Taman Nasional, jumlah hewan endemik itu mulai berkurang.

Taman nasional seluas 1.050 kilometer persegi yang masuk dalam empat wilayah kabupaten di Sultra ini seperti Kabupaten Konsel, Bombana, Konawe dan Kolaka Timur terus mengalami kekurangan jumlah baik akibat perburuan maupun terjadinya kebakaran kawasan hutan.

“Kita berharap agar seluruh komponen masyarakat bisa bersama-sama agar Taman Nasional Rawa Aopa dapat terus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidup hewan endemik yang ada di kawasan ini, terutama rusa yang semakin lama semakin berkurang jumlahnya,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi