Take a fresh look at your lifestyle.
     

Keterwakilan Perempuan Kurang, Bawaslu Kendari Akan Perpanjang Pendaftaran Panwaslu Kelurahan

81

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari akan memperpanjang waktu pendaftaran dan penjaringan calon anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di tingkat kelurahan.

Perpanjangan waktu tersebut dikarenakan kurangnya keterwakilan calon perempuan sebagaimana kuota yang sudah ditetapkan.

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Kendari Awardin mengatakan, jika pendaftarnya dua kali kebutuhan dan belum ada perempuan yang mendaftar maka pihak Bawaslu Kota Kendari akan melakukan perpanjang pendaftaran.

“Kalau dalam masa pendaftaran terakhir hari ini sampai jam 5 ternyata di satu kelurahan yang mendaftar hanya dua orang dan belum ada pendaftaran perempuan, maka dua orang lebih tiga atau empat pendaftaran belum ada perempuan itu kita akan perpanjang nanti. Jadi kelurahan tersebut saja dan khusus hanya untuk pendaftaran perempuan saja,” katanya Kamis, 19 Januari 2022.

Kemudian, lanjut dia, jika misalnya di kelurahan tersebut pendaftarnya hanya satu, pihak Bawaslu akan kembali melakukan perpanjangan pendaftaran.

“Namun jika satu kelurahan yang daftar dua-duanya perempuan maka kita tidak membuka lagi pendaftaran,” ujarnya.

Iklan oleh Google

Ia mengungkapkan, ada beberapa kelurahan yang sudah ful kuotanya untuk keterwakilan perempuan.

“Kelurahan yang saya ingat itu di Kelurahan Pudai dan Poasia, itu belum ada perwakilan perempuannya yang mendaftar. Hanya laki-laki peminatnya, tapi tidak tahu untuk hari ini karena saya belum cek lagi,” ungkapnya.

Namun, jika sampai pukul 17.00 WITa belum ada keterwakilan perempuan yang belum mendaftar di kelurahan tersebut, maka tentu akan diperpanjang.

“Pendaftaran ini kita mulai sesuai dengan pedoman jadwal yang diberikan dimulai dengan tanggal 14 kemarin dan berakhir hari ini tanggal 19 Januari 2023, setiap hari dari pukul 08.00 WITa hingga 17.00 WITa,” jelasnya.

Ia menuturkan, jika dalam rentan waktu tersebut dari 65 kelurahan masih ada yang belum mencapai kriteria, baik belum ada pendaftar perempuan, belum mencukupi dua kali kebutuhan, atau bahkan belum ada pendaftarannya sama sekali, maka Bawaslu akan tetap membuka perpanjangan pendaftaran.

“Untuk pembukaan tersendiri akan dimulai pada tanggal 24 Januari 2023 karena hari ini selesai. Dan dua hari ke depan itu verifikasi berkas. Namun jika ada berkas yang belum lengkap, kita akan melihat lagi apa-apa saja yang belum mencukupi,” tuturnya. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi