Take a fresh look at your lifestyle.
     

Kerap Terjadi Banjir, AJP Turunkan Alat Berat Normalisasi Kali Pasar Kota Kendari

69

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra (AJP) turun tangan memberikan bantuan dalam bentuk normalisasi kali di Pasar Kota Kendari.

Alat berat digerakkan guna menguruk sungai kecil sepanjang 300 meter, yang berada di antara Kelurahan Dapu-Dapura dan Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Sultra ini mengatakan, bantuan normalisasi tersebut atas permintaan masyarakat pada reses atau penyerapan aspirasi anggota DPRD Provinsi Sultra terhadap konstituennya.

“Jadi memang ketika saya tinjau lokasi tersebut sudah terjadi pendangkalan,” kata Aksan Jaya Putra, Jumat 25 Maret 2022.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sultra ini mengatakan, ke depannya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari lebih memberikan perhatian khusus. Apalagi kepadatan penduduk yang semakin meningkat setiap tahun, ditambah pendangkalan sungai dan drainase yang tertimbun sampah.

Iklan oleh Google

Ketua Bappilu DPD I Golkar Sultra ini juga menginginkan Pemkot Kendari melalui PUPR Kota Kendari sudah harus mulai mendesain proyek guna mengantisipasi terjadinya banjir akibat pendangkalan sungai.

“Menyangkut soal anggaran bisa dikomunikasikan, asal ada kemauan dari PUPR Kota Kendari. Jika tidak segera dilakukan, Kota Kendari akan selalu menjadi langganan banjir di setiap musim penghujan. Masyarakat akan terkena dampak karena mereka bermukim di bantaran sungai atau tinggal di perumahan yang nota bene drainasenya tidak berjalan maksimal karena terjadi pendangkalan ataupun tersumbat,” tutupnya.

Sementara itu, Lurah Dapu-Dapura, Dasril Yamin mengaku kerap terjadi banjir ketika curah hujan tinggi. Hal tersebut diakibatkan adanya endapan lumpur dan sampah rumah tangga yang akhirnya membuat pendangkalan.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi bantuan normalisasi Kali Pasar Kota. Sebab dengan adanya pengurukan endapan lumpur, membuat potensi terjadi banjir dapat terurai.

“Siapapun yang masuk mau membantu masyarakat, kami dari pemerintah sangat menyambut baik. Terutama kami ucapkan juga kepada Pak AJP yang mau menormalisasi yang berimbas positif terhadap masyarakat,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi