Take a fresh look at your lifestyle.
   

Kementerian Kominfo dan UHO Kendari Jalin Kolaborasi Gelar Road Show Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

83

Dalam rangka mendorong perubahan yang lebih baik kepada kaum muda melalui startup digital, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia (RI) berkolaborasi dengan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar road show gerakan nasional 1.000 startup digital, bertempat di Gedung Auditorium Mokodompit UHO, Kamis 20 Juli 2023.

Dalam kegiatan ini dihadiri langsung Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu, Sub Koordinator Kerjasama Kegiatan Tim Startup Digital Kementerian Kominfo, Muhammad Faisal, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari diwakili Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kendari, Drs. Fadlil Suparman, dan Manager HUB 11 Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Khairul Umam.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, kegiatan tersebut dapat menambah ide dan kreativitas mahasiswa, serta bisa mengembangkan dan berkecimpung atau berkerja di dunia startup digital saat menyelesaikan studinya di kampus.

Menurutnya sejak 10 tahun terakhir ini dengan kemajuan teknologi dan informasi yang begitu sangat cepat, pola- pola marketing dunia juga sudah banyak berubah.

Rektor Zamrun dorong mahasiswa untuk memanfaatkan dunia digital untuk kemajuan bangsa. (Istimewa)

 

“Kalau di Amerika Serikat (AS) startup digital yang paling terkenal adalah Amazon.com, dengan jasa pengiriman barang yang sangat baik di masanya dengan menggunakan teknologi informasi (startup digital),” kata Prof Zamrun.

Sedangkan di Indonesia, lanjut alumnus Jepang itu, ada beberapa startup digital yang berkembang pesat di antaranya Gojek yang melayani mode transportasi online kepada para konsumen. Begitu pun startup lokal atau Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah mulai banyak bermunculan.

“Saya kira peluang startup digital di Sultra bisa berkembang dengan sangat baik. Mengingat wilayah Sultra yang terdiri dari banyak pulau- pulau ini bisa menjadikan peluang startup digital dengan memanfaatkan teknologi informasi, karena memang mobilitas masyarakat di daerah tersebut sangat terbatas,” ujarnya.

Iklan oleh Google

Sehingga, dengan narasumber berkompeten (praktisi) mudah-mudahan bisa menambah wawasan ratusan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

Dirinya juga mengimbau kepada mahasiswa yang sempat ikut agar ditransformasikan kepada teman-temannya yang lain sehingga gerakan nasional 1.000 startup digital dapat terwujud.

Dengan begitu, kata dia, akan bermunculan ide-ide baru yang bisa menghasilkan keuntungan bagi para startup digital. Begitupun konsumen atau masyarakat akan mendapatkan manfaatnya dari bisnis teknologi dan informasi.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Kominfo RI yang sudah menginisiasi kegiatan road show gerakan nasional 1.000 startup digital.

“Mudah-mudahan dengan selesainya kegiatan ini, ke depan akan muncul startup-startup digital baru yang bisa membantu mengembangkan dan menggairahkan perekonomian yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra),” ucapnya.

Rektor Zamrun berharap ke depan akan muncul startup-startup digital baru yang bisa membantu mengembangkan dan menggairahkan perekonomian Sultra. (Istimewa)

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kendari, Drs. Fadil Suparman mengungkapkan, kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini memaksa dan membuat semuanya untuk dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi tersebut.

Kata dia di segala lini sudah sangat dirasakan manfaat kemajuan teknologi itu mulai dari bagaimana penyelenggara pemerintahan, bagaimana kegiatan- kegiatan di sektor swasta dan sebagainya.

“Kita berharap kegiatan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang sudah digagas ini bisa bersama- sama mewujudkannya. Dan Pemkot Kendari sangat mendukung, insya Allah ini bisa menjadi kolaborasi kita untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sultra khususnya kota Kendari juga,” pungkasnya. (adv/Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi