Take a fresh look at your lifestyle.
     

Bapomi Sultra Kirim 86 Mahasiswa Ikut Pomnas 2023 di Kalimantan Selatan

103

Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengirim sebanyak 86 mahasiswa untuk mengikuti pertandingan pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di Kalimantan Selatan (Kalsel) 12 November sampai 22 November 2023.

Ke 86 atlet tersebut dilepas langsung oleh Penasihat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Sultra, Prof Muhammad Zamrun Firihu di Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo Kendari Rabu, 8 November 2023.

Dalam kesempatan itu Rektor Universitas Halu Oleo Kendari itu berpesan kepada seluruh atlet untuk menampilkan kemampuan maksimal dalam bertanding.

“Mau lawan kuat mau lawan setengah-setengah, pokonya maksimalkan saja kemampuan masing-masing tidak usah peduli dengan lawan. Intinya fokus pada kemampuan masing-masing itu yang paling penting,” kata Prof Zamrun.

Ketua Asprov PSSI Sultra itu mengatakan dirinya akan memberikan bonus berupa penggratisan uang kuliah tunggal (UKT) terhadap atlet yang bisa mendapatkan medali dalam kejuaraan tersebut.

“Tahun ini pokonya siapa yang bawa pulang medali akan bebas UKT. Yang dapat perunggu saya kasikan bebas UKT tiga semester, yang dapat medali perak 4 semester dan yang mendapatkan medali emas saya kasih bebas 5 semester,” ujar Prof Zamrun.

Dalam pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) tahun ini, kata Prof Zamrun, dirinya menargetkan 4 emas.

Foto bersama atlet futsal bersama Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dari pengurus Bapomi Sultra. (Istimewa)

“Targetnya sih kalau tahun lalu 2 emas. Tahun ini kalau bisa lebih dari itu paling tidak 4 emas,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Bapomi Sultra Nur Arafah menuturkan 86 mahasiswa yang akan bertanding di Pomnas tahun ini merupakan gabungan dari 5 kampus di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ke 86 mahasiswa ini terdiri dari lima kampus yang ada di Sultra yakni Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Universitas Nahdhatul Ulama Sultra, dan Universitas Mandala Waluya Kendari,” ujarnya.

Iklan oleh Google

Wakil Rektor 3 Universitas Halu Oleo Kendari itu menuturkan untuk waktu pemberangkatan akan disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan pertandingan mulai 9 November sampai 15 November 2023.

Kata Nur Arafah, kontingen Sultra akan mengikuti 13 cabang olahraga dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 87 nomor atau kelas tanding.

Mulai dari cabang atletik, bola voli pantai, bulutangkis, futsal, Gulat, karate, shorinji kempo, pencak silat, sepak takraw, taekwondo, catur, panjat tebing dan renang.

“Jadi Pomnas tahun ini yang dilaksanakan di Kalimantan Selatan, Bapomi Sultra dan Universitas Halu Oleo menargetkan masing-masing 1 medali emas di setiap cabang olahraga,” katanya.

“Dengan demikian peringkat kita bisa naik dari peringkat 15 POMNAS XVII tahun 2022 di Sumatera Barat menjadi 10 besar POMNAS XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan,” sambungnya.

Ia pun berharap kontingen Sulawesi Tenggara bisa mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

“Tampilkan yang terbaik dan bawa nama Sulawesi Tenggara untuk meraih medali,” tambahnya.

Di tempat yang sama pelatih Cabor Sepak Takraw Heriansyah mengatakan dari segi persiapan atlet sudah siap bertanding.

“Dalam kegiatan Pomnas ini InsyaAllah sudah siap, tinggal action,” katanya.

Dalam turnamen itu, dirinya menargetkan 1 emas untuk 1 nomor pada cabang olahraga yang dipegangnya.

“Targetnya kita harapkan yang terbaik 1 medali emas yang kita bawa pulang,” pungkasnya. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi