Take a fresh look at your lifestyle.
     

Wali Kota Kendari Serahkan Bantuan Korban Bencana Alam ke 64 KK

85

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah akibat bencana alam cuaca ekstrem pada Desember 2021.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud kepedulian dan respons pemerintah kota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat utamanya yang mengalami musibah.

“Mohon maaf jika bantuannya baru hari ini diberikan karena memang tidak bisa seketika. Kita ingin hari ini kejadian besok sudah diganti tetapi prosesnya ada yang harus dilewati,” kata Sulkarnain Kadir,” Kamis 14 April 2022.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini menjelaskan, keterlambatan bantuan tersebut sebab harus mendata terlebih dahulu berapa jumlah dan kerugian yang dialami warga, sehingga benar-benar tepat sasaran.

Pendataan dilakukan sebagai bagian dari proses administrasi, karena dana yang diserahkan merupakan dana pemerintah yang akan dipertanggungjawabkan sehingga harus jelas.

Iklan oleh Google

“Jadi bukan uang pribadi. Prosesnya harus sesuai, karena ini juga harus diperjelas. Ini akan diperiksa lagi oleh BPK, dipastikan apakah benar sesuai kejadian, kenyataan di lapangan,” jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari Paminuddin menjelaskan, total korban akibat cuaca ekstrem pada 23 Desember 2021 tercatat 165 Kepala Keluarga (KK).

“Dari jumlah itu 101 KK telah mendapatkan bantuan tahap pertama. Sedangkan sisanya sebanyak 64 Kepala Keluarga baru mendapatkan bantuan hari ini,” jelasnya.

Ia mengucapkan permintaan maaf jika terjadi keterlambatan pembayaran karena ada proses yang harus dilewati. Apalagi jika terjadi kesalahan rekening sebab pembayaran dilakukan secara non tunai. Besarnya bantuan yang diberikan pada korban yang terkena bencana bervariasi dan tergantung jenis kerusakan rumah yang dialami.

“Besarnya bantuan mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp50 juta, sesuai rata-rata kerusakan yang terjadi pada bagian atap rumah karena tiupan angin kencang,” jelasnya.

Untuk diketahui, penerima bantuan tersebut tersebar di tujuh kecamatan di antaranya Kecamatan Kendari 11 KK, Kendari Barat 10 KK, Mandonga 9 KK, Kadia tiga KK, Puuwatu 10 KK, Kecamatan Wua-wua 15 KK, dan Kecamatan Baruga 5 KK. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi