Take a fresh look at your lifestyle.
     

UHO Siapkan Rp1,2 Miliar untuk Program Mahasiswa Wirausaha

346

Universitas Halu Oleo melalui UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) menyiapkan anggaran sebesar 1.2 untuk Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UHO 2022.

Hal itu disampaikan Rektor UHO Prof Muh Zamrun Firihu pada seminar Kewirausahaan beberapa waktu lalu.

Zamrun mengaku, Nantinya PMW ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Ini tentu berimplikasi pada peningkatan ekonomi, pengurangan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia umumnya, Sulawesi Tenggara khususnya.

“Anggaran ini akan terdistribusi langsung secara bertahap kepada mahasiswa yang dinyatakan lolos PMW. Jika, tahun lalu anggarannya Rp1 miliar, maka tahun ini kita naikkan Rp1,2 miliar. Semoga tahun berikutnya kita naikkan lagi, sehingga UHO selalu melahirkan entrepreneur-entrepreneur kreatif dan inovatif yang selalu bertambah dan bertumbuh,” katanya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Amin Tunda selaku Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa menyatakan, program ini merupakan kegiatan tahunan yang diperuntukkan kepada mahasiswa Strata 1 (S1) dan Diploma Tiga (D3) di lingkungan Universitas Halu Oleo untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang berbudaya akademik, berkarakter, dan berdaya saing.

Iklan oleh Google

Bidang usaha yang dapat diusulkan yaitu makanan dan minuman, produksi/budidaya, industri kreatif, jasa dan perdagangan, teknologi/digital.

Diawali masa pendaftaran pada tanggal 14 Februari-14 Maret 2022 dengan merujuk pada syarat yang dapat diakses melalui laman https://linktr.ee/pmwuho2022.

“Mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran akan mengikuti seleksi berkas, tes tertulis, dan wawancara,” kata Amin Tunda.

Ia melanjutkan, PMW yang merupakan bagian dari Program Kewirausahaan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar tahun 2020 Kemendikbud RI untuk memperkuat ekonomi nasional dan mendukung percepatan ekonomi.

Mahasiswa akan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kewirausahaan berupa pelatihan, menjalankan kegiatan wirausaha di bawah bimbingan dosen pendamping atau mentor kewirausahaan dan dievaluasi di akhir program.

“Pendamping UMKM ini adalah dosen yang direkomendasi oleh dekan dalam lingkungan Universitas Halu Oleo. Untuk menghasilkan wirausaha yang kompeten, mahasiswa PMW akan diberi pelatihan dan didampingi oleh tenaga pendamping yang sudah tersertifikasi, tutup Dr. Sarinah selaku Kepala UPT PK2M,” pungkasnya. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi