Take a fresh look at your lifestyle.
     

UHO Kendari Latih Mahasiswa Persiapan Memasuki Dunia Kerja

148

Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) melaksanakan pelatihan pusat karir mahasiswa tahun 2022 dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja, di salah satu Hotel di Kota Kendari, Rabu 15 Juni 2022.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung Rektor UHO Prof Muhammad Zamruh Firihu dengan menghadirkan tiga narasumber dari Tim Forum Edukasi yaitu Dedi Gunarto, Prasetya Adhi Nugroho dan Sahda Halim. Kegiatan diikuti sebanyak 200 mahasiswa.

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, di kampus terbesar di Sultra itu terdapat Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa. Salah tugasnya yaitu membina mahasiswa bagaimana caranya berwirausaha dan mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

“Kita mengundang pemateri yang kompeten yang bisa memberikan semacam trik kalau mereka (mahasiswa) nanti bagaimana mengerjakan soal berbasis computer assisted test (CAT) dan kalau diwawancara bagaimana mempersiapkan diri dengan baik,” kata Prof Muhammad Zamrun Firihu.

Rektor UHO 2 periode ini menjelaskan, sasaran pelatihan ini adalah mahasiswa tingkat akhir perwakilan dari setiap fakultas, karena dalam waktu dekat mereka akan lulus dalam menyelesaikan studinya di UHO Kendari.

“Sehingga pada saat lulus nanti pengetahuan mahasiswa tentang memasuki tata cara memasuki dunia kerja. Pelatihan ini masih fres pengetahuan mahasiswa tata cara memasuki dunia kerja ketika lulus di UHO,” jelasnya.

Iklan oleh Google

Ia menjelaskan, pelatihan yang dilaksanakan ini bagaimana mahasiswa mengerjakan soal tes komputer. Kemudian cara mahasiswa menghadapi trik wawancara saat di dunia kerja, sehingga pada saat diwawancara bisa percaya diri dan dapat menjawab pertanyaan.

Rektor UHO Kendari Prof Muh Zamrun Firihu saat menyampaikan sambutan. (Istimewa)

 

“Ini nanti yang akan diajarkan kepada mahasiswa yang mengikuti latihan hari ini dalam menghadapi dunia kerja ketika lulus di UHO,” jelasnya.

Ia menambahkan, peserta pelatihan ini bisa menjadi agen untuk mahasiswa lain yang ada di fakultas masing-masing yang tidak ikut pelatihan.

“Ketika mahasiswa sudah ikut pelatihan dan pulang di fakultas masing-masing bisa bercerita serta menjelaskan kepada teman mahasiswa tata cara dan trik persiapan memasuki dunia kerja,” jelasnya.

Terakhir Prof Zamrun berpesan kepada mahasiswa yang ikut pelatihan untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan baik termasuk peluang yang telah diberikan.

“Karena tidak semua mahasiswa mendapatkan peluang ini. Manfaatkan dengan baik kesempatan ini dan ambillah manfaat sebesar-besarnya pengetahuan yang diberikan, sehingga pada saat lulus nanti mahasiswa bisa percaya diri masuk dunia karja,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi