Take a fresh look at your lifestyle.
   

Survei THI : Elektabilitas Abdul Razak-Andi Sulolipu Tertinggi di Pilwali Kendari 2024

104

Lembaga survei The Haluoleo Institute (THI) melakukan survei terhadap empat pasangan bakal calon (Balon) yang bakal maju pada pemilihan Wali Kota Kendari pada 2024 mendatang.

Survei THI berjudul perspektif masyarakat terhadap pandemi Covid-19 serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2024 dilakukan pada periode 4-10 Agustus 2021.

Empat pasangan tersebut, Sulkarnain Kadir-Siska Karina Imran, Abdul Razak-Andi Sulolipu, Aksan Jaya Putra-La Ode Muh Inarto, dan pasangan Ishak Ismail-Radhan Algino Nur Alam.

Dalam survei tersebut, pasangan Abdul Razak-Andi Sulolipu berada di urutan teratas tingkat elektabilitas dengan presentase sebesar 31,4 persen. Kemudian diikuti pasangan Sulkarnain Kadir-Siska Karina Imran sebesar 29,1 persen, urutan ketiga
Aksan Jaya Putra-La Ode Muh Inarto sebesar 5,0 persen, dan terakhir pasangan Ishak Ismail-Radhan Algino Nur Alam sebesar 4,1 persen.

“Dari empat pasangan calon Wali kota Kendari yang diuji. Pasangan Abdul Razak-Andi Sulolipu berada pada pilihan teratas elektabilitas calon Wali Kota Kendari 2024,” ucap Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute, Naslim Sarlito Alimin, Rabu 29 September 2021.

Iklan oleh Google

Tak hanya itu, elektabilitas Abdul Razak juga unggul pada uji coba 10 tokoh calon Wali Kota Kendari 2024 mendatang sebesar 32,0 persen. Sementara Sulkarnain Kadir hanya sebesar 29,8 persen.

“Elektabilitas didominasi oleh dua yang bergantian memilih. Pada pemilih laki-laki lebih mengidolakan Abdul Razak, sementara pemilih perempuan mengidolakan Sulkarnain Kadir. Demikian juga dengan agama dan usia,” terangnnya.

Sementara pada pemilih yang tamat SMA, Abdul Razak lebih unggul lagi dari incumbent. Untuk daerah pemilihan (Dapil) tiga diantaranya dikuasai oleh Abdul Razak dan dua dapil lainnya dikuasai oleh Sulkarnain Kadir.

“Dapil I yaitu Mandonga dan Puwatu, Dapil II yaitu Kendari dan Kendari Barat dan Dapil III yaitu Abeli, Nambo dan Poasia diakuasai oleh elektabilitas Abdul Razak, sementara Sulkarnain Kadir hanya unggul di Dapil IV yakni Baruga Kambu dan Dapil V yakni Kadia Wuawua,” jelasnya.

Ia menambahkan, survei melibatkan 440 responden berusia minimal 17 tahun, yang dipilih dengan metode multi stage random sampling. Dengan margin of error sebesar 4,8 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi