Take a fresh look at your lifestyle.
     

Rumah dan Perahu Milik Nelayan di Muna Dibakar OTK

362

Tiga rumah milik nelayan yang berada di pesisir selat Buton tepatnya di pantai Tampunoponda, Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna ludes terbakar pada Jumat 8 Desember 2023.

Rumah tersebut diketahui milik nelayan asal Desa Kolese Kecamatan Pasikolaga Kabupaten Muna.

Selain rumah, dalam kebakaran tersebut, 4 unit kapal tradisional milik nelayan yang terdapat di bibir pantai ikut ludes terbakar. Dalam kejadian tersebut pula, lebih dari 10 perahu milik nelayan di Muna hampir ikut terbakar

“Perahu yang ditumpuk belum sempat terbakar kurang lebih 10 perahu milik nelayan tradisional dari kampung lama dan Mantobua,” kata Zamrun salah seorang nelayan.

Zamrun menyebut rumah dan kapal milik nelayan tersebut sengaja dibakar orang tak dikenal (OTK). Karena menurutnya, dalam lokasi kebakaran tersebut, tempat budidaya rumput laut milik orang tuanya dan petani lainnya ikut dirusak.

Iklan oleh Google

“Lahan rumput laut banyak rusak berat salah satunya milik La Remi yang isinya sekitar 60 bentang rumput laut habis beserta rakitnya,” katanya.

Ia mengungkapkan pertama kali ia mengetahui kebakaran tersebut saat dirinya akan melihat lokasi tempat budidaya rumput laut orang tuanya yang diduga dirusak pada pagi hari .

“Saya dikasih tahu iparku pagi-pagi, rumput lautnya bapaku hancur terhambur katanya, jadi saya pergi. Pas kita naik cek sudah hangus terbakar mi itu rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, dari keterangan nelayan di sana, hanya nelayan pendatang yang sering membuat masalah di lokasi tersebut.

Sehingga ia meminta kepada pemerintah khususnya aparat penegak hukum (APH) untuk melakukan penyelidikan terhadap para pelaku yang mengganggu aktivitas para nelayan di lokasi tersebut.

“Ia perhatian saja pemerintah sama aparat bagaimana dia tanggapi itu. Supaya ke depannya tidak begitu lagi,” pungkasnya. (Ahmad Odhe/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi