Take a fresh look at your lifestyle.
     

Rektor UHO Wajibkan Setiap Fakultas Selenggarakan Seminar Nasional dan Internasional

37

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Muh Zamrun Firihu menekankan setiap fakultas harus menyelenggarakan seminar nasional atau pun internasional sekali dalam setahun.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dosen dan civitas dalam hal ilmu pengetahuan.

Hal ini diungkapkan Zamrun usai menghadiri acara seminar nasional yang diselenggarakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) di salah satu hotel Kota Kendari pada Sabtu (23/10/2021).

Menurutnya, pelaksanaan seminar ini tidak hanya menggugurkan kewajiban tetapi yang perlu diperhatikan adalah seperti apa dampak atau output seminar nasional bagi kebaikan bangsa.

“Nanti setiap fakultas harus merancang dengan benar, jadi bukan pelaksanaan seminarnya saja, tapi nanti outputnya yang harus diselenggarakan dengan baik,” katanya.

Zamrun berharap, dengan seminar tersebut diharapkan terjalin komunikasi sesama ilmuwan di bidangnya masing-masing.

“Output dari seminar ada dua. Yang pertama itu prosidingnya. Kedua, saling kenal mengenal sesama peneliti yang kira-kira bidang penelitiannya itu sama,” bebernya.

Iklan oleh Google

Dengan begitu, alumnus Jepang ini berharap kolaborasi selanjutnya bisa dilaksanakan.

“Mudah-mudahan pada seminar ini bisa membuka jalan bagi kita semua,” tambahnya.

Ia menyebut, saat ini Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19. Untuk itu, ia berharap, pandemi ini bukan menjadi penghalang dan semua pihak tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu, Dekan FMIPA UHO Dr. Ida Usman mengungkapkan, tujuan pelaksanaan seminar tersebut agar bisa terjalin kerjasama penelitian antar-perguruan tinggi.

“Tujuan pertama itu, harus tahu masing-masing punya bidang keahlian apa. Jadi bisa untuk sharing sumber daya, yang kedua untuk publikasi, karena kita di perguruan tinggi wajib untuk publikasi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, La Ode Ahmad selaku ketua panitia menerangkan, jumlah yang peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 250 orang. Namun dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, pihaknya membatasi para peserta sebanyak 100 orang.

“Di ruangan ini kami batasi hanya 100 peserta, sisanya kami siapkan di zoom meeting. Untuk peserta, sebagain besar peserta dari UHO, ada juga dari institusi-institusi di luar UHO baik yang di dalam Sultra maupun di luar Sultra,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi