Take a fresh look at your lifestyle.
   

PT VDNIP Butuh 60.000 Pekerja, Kadisnaker Sultra : Masyarakat Harus Siap Berkompetisi

375

Sesuai data yang dijabarkan oleh Pihak Mega Industri PT Virtu Dragon Nikel Industri Park (VDNIP), bila pembangunan seluruh kontruksi perusahaan telah selesai, maka dibutuhkan 60.000 tenaga kerja lokal (TKL).

Hal ini tentu menjadi angin segar untuk para pengangguran di Sultra agar bisa terlibat bekerja di perusahaan asal China tersebut.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Haswandi mengatakan, dengan adanya peluang tersebut maka masyarakat Sultra harus bersiap. Karena di depan mata akan ada migrasi tenaga kerja baik itu di wilayah Sultra, luar Sultra hingga luar negeri.

“Perusahaan ke depan akan membutuhkan 60.000 tenaga kerja dan masyarakat Sultra harus mempersiapkan itu. Karena jangan sampai tidak ada persiapan kita hanya menjadi penonton di wilayah sendiri,” katanya.

Iklan oleh Google

Ia melanjutkan, Pemerintah Provinsi Sultra, pihak PT VDNIP dan pihak terkait telah berkoodinasi untuk mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi kebutuhan tenaga kerja ke depan.

“Pihak-pihak terkait sudah lakukan langkah-langkah, seperti Universitas Halu Oleo (UHO) sudah mempersiapkan calon tenaga kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari juga tahun 2022 akan membangun workshop pelatihan alat berat yang disuport langsung oleh PT VDNIP,” katanya.

“Jadi wadah sudah disiapkan oleh pemerintah dan perusahaan tinggal masyarakat lagi. Karena setiap tahun ada 2.500 hingga 3.000 pengangguran baru usia di atas 15 tahun. Dan pengangguran itu di angka 4 persen, dan bila terwujud penyerapan tenaga kerja PT VDNIP hingga 60.000 maka kurang lebih 2 persen angka pengangguran akan terserap,” katanya.

Haswandi juga membeberkan bahwa tenaga kerja lokal yang bekerja di PT VDNIP itu mencapai 25.000-an orang. Dimana data Disnaker Sultra di Bulan November 2021, PT VDNI kini memperkerjakan 6.702 orang dan PT OSS sebanyak 11.440 orang sehingga ditotal keseluruhan menjadi 18.142 orang.

“Total keseluruhan PT VDNIP yang terdiri dari PT VDNI dan PT OSS itu 18.142 orang. Kenapa 25.000-an karena ada pekerja yang melalui sub kontraktor, dimana itu belum kami identifikasi yang jelas jumlahnya sangat banyak jadi kalau digabung keseluruhan itu 25.000-an orang,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
2 Komen
  1. karyawan VDNi berkata

    pemerintah juga harus dampingi masyarakatnya/karyawan untuk mendorong perusahaan, agar mampu “mensejahterakan” karyawanya serta lebih di tingkatkan kedisiplinan baik dari hak keselamatan, ataupun hak” yang lain sesuai UUD, juga menghilangkan bentuk bentuk intimidasi terhadap karyawan, agar karyawan bisa maksimal dan tidak banyak yg suka berhenti/atau di berhentikan,

    jangan hanya jadi penonton bahkan seperti pahlawan ketiduran.

  2. Rafi berkata

    Ingin bekerja di PT VDNI INDONESIA

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi