Take a fresh look at your lifestyle.
     

Pengamat Politik : Rusman Emba-Lukman Abunawas, Pasangan Kuat Pilgub Sultra 2024

450

Pengamat politik Sultra Dr Najib Husain memprediksi, perpaduan antara Lukman Abunawas dan Rusman Emba, merupakan kolaborasi ideal antara perwakilan daratan dan kepulauan di Pilgub Sultra 2024 mendatang.

Selain itu, keduanya merupakan perpaduan antara senior dan junior. Jika keduanya berkongsi di Pilgub 2024, akan menjadi pasangan calon yang cukup menarik karena, dua figur ini juga merupakan perpaduan antara birokrat dan politikus ulung.

“Rusman Emba dikenal sebagai politisi petarung, cakap dan ulet, dan Lukman dianggap sebagai tokoh birokrat di Sultra,” kata Dr Najib Husain, Kamis 12 Mei 2022.

Najib melanjutkan, di sisi lain Lukman merupakan simbol dan mewakili ketokohan perwakilan daratan. Sedangkan Rusman Emba juga merupakan tokoh politik yang mewakili kepulauan.

“Modal tersebut begitu kuat merebut mayoritas suara pemilih yang tersebar di 17 kabupaten dan kota,” bebernya.

Iklan oleh Google

Ia menyebut, kedua tokoh ini sudah teruji. Rusman Emba dua kali menang di Pilbup Muna. Kemudian pernah duduk sebagai ketua DPRD Sultra dan mantan anggota DPD/MPR RI.

“Sementara Lukman Abunawas pernah menjadi Bupati dua periode di Konawe dan sekarang wakil gubernur, juga Ketua DPD PDIP Sultra,” ujarnya.

Jadi, lanjut dosen Universitas Halu Oleo Kendari ini, pengalaman politik dan kefiguran menandakan keduanya memiliki basis suara yang patut diperhitungkan.

“Terkait siapa yang akan menjadi 01 atau 02, tergantung dari komunikasi keduanya atau elektabilitas masing-masing,” sambung Najib.

Najib menuturkan, jika Rusman dan Lukman Abunawas benar-benar maju di Pilgub Sultra nanti, bisa menjadi peringatan bagi figur lain yang juga berhasrat tarung di Pilgub Sultra 2024 mendatang. (Ahmad/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi