Take a fresh look at your lifestyle.
   

Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi dari Atas Perahu Naga

84

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, dari atas perahu naga, Selasa 28 Desember 2021. Bendungan ini dibangun secara bertahap sejak 2016 hingga 2021 dengan biaya Rp1,2 triliun.

Jokowi menjelaskan Bendungan Ladongi dibangun di atas lahan seluas 222 hektare (ha) dan memiliki kapasitas daya tampung 45,9 juta meter kubik. Nantinya, bendungan itu juga dapat mengairi beberapa sawah di empat kabupaten.

“Bendungan Ladongi bisa mengairi (sawah) di empat kabupaten di sekitar bendungan,” ungkap Jokowi dalam peresmian Bendungan Ladongi dikutip dari CNNIndonesia.com.

Empat kabupaten yang dimaksud, antara lain Kabupaten Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, dan Kolaka.

Iklan oleh Google

Selain itu, Jokowi berharap Bendungan Ladongi juga dapat memenuhi kebutuhan air untuk pertanian. Hal itu dalam rangka mendukung kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan.

“Tanpa air tidak mungkin kita bisa mencapai yang namanya ketahanan pangan yang baik, kedaulatan pangan yang baik, dan kemandirian yang baik,” jelas Jokowi.

Di samping itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan Bendungan Ladongi juga akan dikembangkan sebagai destinasi wisata. Salah satunya wisata air.

“Tadi saya mencoba memakai perahu, mendayung, karena memang arahnya bendungan ini juga bisa digunakan sebagai tempat wisata, sehingga ini menjadi tanggung jawab kabupaten maupun provinsi untuk nanti pengembangan selanjutnya,” pungkas Jokowi. (yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi