Take a fresh look at your lifestyle.
   

Dugaan Kekerasan, Jurnalis di Kendari Laporkan Oknum Satpol dan Polisi di Polda Sultra

130

Kekerasan terhadap jurnalis kembali terjadi. Seorang wartawan JPNN Laode Muhammad Deden Saputra diduga mendapatkan tindakan kekerasan aparat keamanan saat melakukan peliputan demo di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) belum lama ini.

Atas kejadian tersebut, Laode Muhammad Deden Saputra didampingi langsung oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sultra bersama rekan-rekan Jurnalis lainnya melapor di Polda Sultra, Senin 14 Februari 2022.

“Hari ini atas kemauan korban sendiri memutuskan untuk melaporkan dugaan tindakan kekerasan dan menghalangi kerja jurnalis. Kami AJI dan IJTI terus mendampingi kasus ini,” jelas Divisi Advokasi AJI Kendari, Laode Kasman Angkosono.

Dengan adanya laporan tersebut, pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus ini. Diharapkan kasus ini bisa sampai ke pengadilan karena tindakan yang tidak di benarkan dalam dunia jurnalis saat menjalankan tugasnya dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Iklan oleh Google

“Kekerasan ini tidak bisa dibenarkan karena tindakan ini bagian dari mengancam kebebasan pers berpendapat di muka umum. Jika kejadian ini terus dibiarkan maka ini akan mengancam kebebasan pers kita,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi korban yang telah melaporkan kejadian ini tanpa adanya paksaan dan atas inisiatif sendiri.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Kombes Pol Ferry Walintukan membenarkan adanya aduan tersebut.

“Polda Sultra sudah menerima aduan daripada rekan-rekan wartawan untuk melaporkan masalah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” ucapnya.

Kemudian setelah adanya laporan itu, pihaknya akan diproses dan melihat perkembangan sejauh mana dan mendukung kasus ini. (Ahmad Odhe/Re)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi