Take a fresh look at your lifestyle.
     

BMKG Kendari Bagikan Tips yang Harus Dilakukan Warga Saat Terjadi Gempa

131

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berbagi tips tindakan yang harus dilakukan warga saat terjadi gempa bumi dan sesudah gempa.

Apa yang harus kita lakukan saat terjadi gempa bumi?

1. Jika berada di dalam ruangan, lindungi kepala dan badan dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja. Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan goncangan. Lari keluar apabila masih dapat dilakukan.

2. Jika berada di luar ruangan atau area terbuka, hindari bangunan yang ada di sekitar kita (seperti gedung, tiang listrik, pohon, dll) serta perhatikan tempat berpijak hindari apabila terjadi rekahan tanah.

3. Jika sedang mengendarai mobil, keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi rekahan tanah atau kebakaran.

4. Jika tinggal atau berada di pantai, jauhi pantai menuju ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari gelombang tsunami.

5. Jika tinggal di daerah pegunungan, hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Iklan oleh Google

Lalu ketika getaran gempa bumi sudah berkurang dan berhenti, apa yang harus dilakukan?
1. Jika berada di dalam ruangan, keluar dari bangunan tersebut dengan tertib. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa. Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K. Telpon/minta pertolongan apabila terjadi luka parah pada diri sendiri atau kerabat.

2. Periksa lingkungan sekitar apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, arus pendek, serta aliran dan pipa air. Periksa segala hal yang dapat membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api,dll)

3. Jangan masuk ke bangunan yang sudah terjadi gempa, yakinkan bangunan tersebut cukup kokoh setelah gempa terjadi, karena kemungkinan masih terjadi reruntuhan.

4. Jangan mendekati bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.

5. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi : instagram/Twitter : @infoBMKG
Website : www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id
Mobile Apps : wrs-bmkg atau infoBMKG

6. Melaporkan dampak gempa bumi yang dirasakan melalui telepon dan aplikasi WRS mobile.

7. Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa demi keamanan dan keselamatan kita semua.(rls)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi