Take a fresh look at your lifestyle.
     

Tiga Balon Gubernur Sultra Berebut Dukungan PKB

71

Tiga bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) berebut dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ketiga balon Gubernur Sultra itu adalah Andi Sumangerukka, Tina Nur Alam dan Lukman Abunawas. Ketiganya diketahui telah mendaftar secara resmi di PKB baik secara online maupun offline.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sultra Jaelani menyatakan, ketiga bakal calon Gubernur Sultra ini diundang secara resmi oleh DPP PKB untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) yang akan digelar 16 Mei 2024.

Para bakal calon ini nantinya akan menyampaikan visi misinya di hadapan panelis DPP.

“Sultra dibagi dalam dua klaster. Untuk klaster pertama pada 16 Mei 2024. Sedangkan klaster kedua pada 17 Mei 2024,” jelasnya.

Untuk bakal calon gubernur, kata Jaelani, akan menyampaikan visi misinya di kluster pertama dengan beberapa bakal calon bupati dan wali kota.

“Jadi, tiga bakal calon Gubernur Sultra ini sudah dikonfirmasi kehadirannya. Termasuk calon bupati dan wali kota. Begitu pula untuk bakal calon bupati dan wali kota yang menyampaikan visi misinya sudah dikonfirmasi juga untuk tanggal 17 Mei 2024 ,” jelasnya.

Calon anggota DPR RI terpilih ini menyebut, bakal calon yang diundang dalam UKK ini, adalah mereka yang resmi mendaftar di desk pilkada DPC PKB maupun di tingkat DPW.

“Yang diundang adalah yang mendaftar, kalau tidak mendaftar, tidak diundang,” ujar calon anggota legislatif (caleg) DPR RI terplilih dari daerah pemilihan (dapil) Sultra ini.

Iklan oleh Google

Jaelani menjelaskan, UKK ini adalah bagian dari tahapan penjaringan bakal calon kepala daerah 2024 di partai besutan Abdul Muhaimin Iskandar itu.

Para bakal calon kepala daerah diminta memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon kepala daerah dalam uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

“Ini adalah perintah langsung Ketua Umum Abdul Muhaimin Iskandar untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan bakal calon dalam memimpin daerah nanti jika terpilih,” jelasnya.

UKK ini, lanjut Jaelani, merupakan salah satu prasyarat yang harus dilalui bakal calon agar bisa diusung oleh PKB di Pilkada serentak 2024. Semakin baik visi misinya dan pengetahuannya, memiliki potensi untuk diusung oleh PKB.

“Kita memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh bakal calon yang telah mendaftar di PKB untuk menyampaikan visi misinya,” imbuhnya.

Selain kualitas visi misi, lanjut Jaelani, eletabilitas calon turut menjadi pertimbangan untuk diusung di Pilkada 2024.

“Pada intinya, PKB akan mendukung calon yang memiliki komitmen dan kesepahaman yang sama,” tegasnya.

Jaelani menuturkan, penentuan usungan kepada bakal calon kepala daerah merupakan kewenangan DPP melalui berbagai pertimbangan.

“Ini keputusan akhirnya ada di DPP. Rekomendasi dukungan akan diterbitkan oleh Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar,” pungkasnya.
(yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi