Take a fresh look at your lifestyle.
     

Pulang dari Bulukumba, Kapal Binongko Mati Mesin di Perairan Buton Selatan

79

Sebuah kapal yang baru saja pulang dari Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan mengalami mati mesin di sekitar Perairan Buton Selatan, 10 Maret 2022.

Pada 10 Maret 2022 Kapal KM Rahan Jaya 02 yang merupakan kapal pelingkar berangkat dari Bulukumba setelah menjual hasil tangkapan ikan dengan tujuan Binongko.

Pada 11 Maret 2022 sekitar pukul 01.30 WITa, kapal tersebut mengalami mati mesin akibat kerusakan pada gearbox.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Aris Sofingi menyatakan, pada Jumat 11 Maret 2022 pukul 05.30 WITa, Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari kapten kapal KM Rehan Jaya 02 GT 16 bernama Ibrahim yang melaporkan peristiwa tersebut.

Menurut kapten, kapal dengan penumpang tiga orang itu mengalami mati mesin akibat kerusakan gearbox di sekitar perairan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan.

Iklan oleh Google

“Berdasarkan laporan tersebut di atas, pada pukul 05.55 WITa tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh sekitar 24,47 NM,” kata Aris Sofingi.

Pada pukul 08.35 WITa, tim rescue Pos SAR Wakatobi menemukan KM Rehan Jaya 02 di Teluk Lande Desa Lakaliba Kabupaten Buton Selatan dalam kondisi aman dan 3 orang penumpang dalam keadaan selamat.

“Pada pukul 06.30 WITa kapal dapat dioperasikan kembali setelah dilakukan perbaikan. Selanjutnya Kapal KM Rehan Jaya 02 akan kembali melanjutkan rute perjalanan ke Binongko Kabupaten Wakatobi direncanakan dini hari nanti pada pukul 01.00 WITa. Dengan ditemukannya KM Rehan Jaya 02 beserta 3 orang POB dalam keadaan selamat, operasi SAR terhadap KM Rehan Jaya 02 GT 16 dgn POB 3 orang mengalami mati mesin akibat kerusakan gearbox disekitar perairan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan dinyatakan selesai dan ditutup,” imbuhnya.

Data korban sbb :
1. Ibrahim/55thn/laki/Kapten
2. Rusdin/39thn/Laki/KKM
3. Arman/22thn/Laki/ABK

(yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi