Take a fresh look at your lifestyle.
     

Penumpang Kapal Dilaporkan Hilang Usai Terjatuh di Perairan Kolaka

156

Seorang penumpang KMP Mishima, Tuo (33) dilaporkan hilang usai terjatuh dari kapal di Perairan Kolaka, Senin 21 Maret 2022.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Aris Sofingi menjelaskan, pada Senin 21 Maret 2022 pukul 15.00 WITa, KMP Mishima berangkat dari pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menuju Pelabuhan Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Di tengah perjalanan, pada pukul 21.30 WITa, sekitar 3 nautical mille (NM) dari Pelabuhan Kolaka, kru kapal mendapat laporan dari salah seorang penumpang bahwa ada seorang terjatuh ke laut.

“Berdasarkan laporan tersebut, KMP Mishima kemudian melakukan pencarian di sekitar lokasi hingga saat laporan ini kami terima korban belum diketemukan,” kata Aris Sofingi.

Peristiwa ini kemudian diatensi oleh anggota Polsek KPPP Kolaka yang melaporkan ke comm centre KPP Kendari sekitar pukul 21.45 WITa.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 22.05 WITa Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR,” jelasnya.

Iklan oleh Google

Pada pukul 23.00 WITa Tim Rescue Pos SAR Kolaka tiba di lokasi selanjutnya melakukan penyisiran hingga pukul 00.25 WITa dengan hasil nihil.

“Tim terkendala adanya gelombang tinggi dan jarak pandang yang terbatas sehingga tim memutuskan untuk menghentikan sementara pencarian dan akan dilanjutkan kembali pada pagi hari,” imbuhnya.

Pada Selasa 22 Maret 2022 pukul 06.30 WITa Tim SAR gabungan kembali melanjutkan operasi pencarian dengan membagi 4 tim.

Tim 1 dengan menggunakan RIB melakukan penyisiran di sekitar lokasi dengan luas area pencarian 0,12 NM persegi.

Tim 2 dengan menggunakan speedboat melakukan penyisiran sebelah utara lokasi dengan luas area pencarian 0,14 NM persegi.

“Tim 3 dengan menggunakan sekoci melakukan penyisiran sebelah timur lokasi dengan luas area pencarian 0,11 NM persegi. Tim 4 dengan menggunakan sekoci melakukan penyisiran sebelah selatan lokasi luas area pencarian 0,11 NM persegi,” tuturnya.

Pencarian ini turut melibatkan Rescuer Pos SAR Kolaka, Polres Kolaka, Syahbandar Kolaka, Pos AL Kolaka, Kru KMP Mishima. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi