Take a fresh look at your lifestyle.
   

Muna Muda Muhram

786

Ada gumpal duka yang masih menyesak dada. Bumi Sowite baru saja kehilangan kuncup yang belum juga mekar sempurna. Nahkoda yang baru saja dihentikan paksa akibat berurusan dengan lembaga anti rasuah kembali menambah sengkarut pilar tokoh Sulawesi Tenggara ini.

“Koe, kalima-lima, koe meala ko hakuno,” penggalan kalimat ‘toba’ (suci, nasehat yang dimaknai menjadikan suci, bagi anak yang beranjak dewasa) mengandung tanggung jawab, prinsip dan harga diri bagi masyarakat Muna.

Bumi Sowite merindukan sosok yang berdiri di atas prinsip dan falsafah, kearifan lokal, cerdas, punya wawasan dan punya integritas.

Saya setahun terakhir melakukan pencarian. Analisisnya sampai pada pertanyaan, Siapa? Wajah Baru? Figur Muna potensial?

Muhram..! Tanpa keraguan, saya ingin menyebut nama potensi Muda Muna ini. Pria kelahiran, Raha, 21 Juli 1991 ini, karyanya sudah melampaui usianya.

Menulis dan menjadi editor puluhan buku, Pria bernama lengkap La Ode Muhram Naadu ini, telah mencatatkan ratusan artikel terkait pandangan hukum dan segala fenomena yang dikemas dalam gagasan sederhana dan muda dipahami, kritik tajam tetapi solutif.

Advokat handal yang memiliki klien beberapa Bupati ini sekaligus berprofesi sebagai Ketua Program Studi di salah satu perguruan tinggi besar di Bumi Anoa ini. Tak pelam ia memiliki pergaulan yang sangat baik dengan semua kalangan.

Penulis Buku ‘Muna Nol Kilometer’ mencatat semua tentang Muna, dikemas dalam bacaan ringan, tetapi mengandung makna mendalam. Muhram menunjukkan pengetahuannya tentang Muna dalam berbagai versi kearifan masyarakat.

Menjadi pembicara baik daerah maupun nasional, terutama menyangkut kepemudaan, Hukum, politik dan kepemiluan. Muhram menjadi menunjukkan kelasnya, disaat pemuda seusianya disibukkan dengan gadget nan modis serta kehidupan anak tongkrongan.

Beberapa rekam jejak penting ia catatkan dalam dunia aktivisme. Jarang ada anak muda yang kompleks seperti ini. Orasinya lantang dan tulisannya tajam.

Iklan oleh Google

Posisinya sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muna, memberi kontribusi besar dalam membangun mental generasi untuk mencintai budaya dan lingkungan. Ia menghidupkan dinamika kepemudaan dengan tangannya sendiri meski tak mendapat dukungan langsung dari Pemda. Luar biasa.

Muna Muhram

Apakah Muhram Layak diperhitungkan mengambil posisi tertinggi di Kabupaten Muna?

Kabupaten Muna adalah Daerah tertua yang harus mengejar ketertinggalannya. Dibutuhkan roda baru dan anak muda yang memiliki kemampuan berpikir cepat dan tepat, pemuda di kepalnya ada pustaka ide yang menawarkan rujukan baru dalam menentukan arah Muna.

Tanpa ragu, Muhram adalah sosok yang sangat tepat. Di darahnya mengalir jiwa kepemimpinan yang kuat, di kepalanya ada ide dan gagasan dalam membangun, sebagai pendidik dia memiliki integritas yang baik serta bertanggung jawab.

Muna butuh Pemuda berani, mengambil tanggung jawab. Berlatar belakang mahasiswa Pecinta Alam, Muhram adalah pendaki gunung yang baik, yang mengenali rute jalan selamat, dan tahu seperti apa perjuangan menuju puncak.

Keponakan Bupati Muna ke-enam, La Ode Saafi Amane ini, dididik di lingkungan keluarga yang menjunjung nilai adat dan agama. Sehingga menambah keyakinan, Muhram akan memimpin dengan amanah dan mengayomi sesuai dengan nilai agama yang dianutnya. Beberapa kali kegiatan KNPI Muna dikemas religius.

Muna Muda Muhram, menurutku sebuah catatan awal, refleksi jiwa Kawunaha, ketika kita menyadari telah krisis kepemimpinan. Perubahan lebih baik adalah keniscayaan.

Kesadaran kita tentang Muna yang berbudaya, harus benar-benar diimplementasikan dalam semua sendi kehidupan masyarakat, termasuk budaya memilih orang baik untuk memikul tanggung jawab besar membawa Kabupaten Muna melejit jauh dan bangkit dari ketertinggalan.

Muna Muda Muhram adalah harapan serta mimpi besar, kita punya keinginan yang sama dalam melihat muna maju. Sudah saatnya, kita tidak bisa lagi menunda. Memilih orang baik sama artinya, kita menghalangi orang jahat kembali berkuasa. Semoga dia mau. Karena kesempatan itu di depan mata.

(Maul Gani-Temannya Muhram)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi