Take a fresh look at your lifestyle.
     

Ketua APDESI Mubar Apresiasi Kehadiran Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah

167

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Muna Barat Muslimin Salim mengapresiasi kehadiran Institute Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah.

Pada Senin 7 Maret 2022 lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerbitkan keputusan Nomor 120/E/0/2022 tentang Izin Pendirian Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah Muna Barat di Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditetapkan di Jakarta.

Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah (ITBKM) Muna Barat telah mendapat pengesahan dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-88.AH.01.07 Tahun 2010 tanggal 23 Juni 2010.

Muslimin mengungkapkan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat yang telah berinisiatif untuk  mendorong pendirian Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah Muna Barat di Kabupaten Muna Barat.

“Lembaga pendidikan ini adalah  sebagai bentuk pembangunan dan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Muna Barat,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin ini.

Dengan keluarnya izin pendirian ITKBM Muna Barat ini, Cak Imin berharap ITKBM Muna Barat ini dapat berkontribusi dalam membangun SDM unggul untuk masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Muna Barat dan sekitarnya.

“Pembangunan SDM itu sangat penting dalam menciptakan Muna Barat yang maju dan masyarakat yang sejahtera. Dengan adanya lembaga pendidikan ini akan membangun   sumber perekonomian dan peningkatan   perekonomian masyarakat Kabupaten Muna Barat,” jelas Kepala Desa Marobea Kabupaten Muna Barat ini.

Selain itu, lanjut dia, kampus atau institusi ini akan menjadi laboratorium pemerintah daerah terutama dalam melahirkan dan menetapkan kebijakan. Sebab, kampus atau institusi pendidikan merupakan tempat kajian secara akademis untuk memberikan rekomendasi dalam setiap kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah daerah.

“Lain dari pada itu pendirian kampus atau institusi ini sebagai tempat membangun pengabdian kepada masyarakat, penelitian, dan pengembangan potensi daerah yang ada di Kabupaten Muna Barat,” tuturnya.

Untuk itu, pengurus BPD HIPMI Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga mengajak seluruh masyarakat Muna Barat untuk memaknai pendirian institusi ini sebagai satu langkah sejarah penting bagi masyarakat dan menjadikannya sebagai lembaran sejarah  untuk kemajuan Muna Barat di masa yang akan datang.

“Kehadiran ITKBM di Kabupaten Muna Barat tidak hanya mengembangkan SDM, tetapi juga membangun ekonomi, kesejahteraan sosial dan memajukan masyarakat Kabupaten Muna Barat secara general,” ujarnya.

Iklan oleh Google

ITBKM Muna Barat sendiri memiliki tiga program studi, yakni ; Program Studi Teknik Sipil (Program Sarjana), Program Studi Administrasi Kesehatan (Program Sarjana) dan Program Studi Kewirausahaan (Program Sarjana).

Dengan adannya program studi yang masih relatif sedikit ini tentunya diharapkan pimpinan institusi ini harus membangun kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tenggara untuk memperluas program studi.

“Sehingga apa yang mnjadi kebutuhan calon mahasiswa pada pada saat ingin melanjutkan studi di ITKBM tidak terkendala hanya pada persoalan program studi yang tidak terpenuhi di ITKBM,” jelasnya.

Sekretaris MPI KNPI Kabupaten Muna Barat juga ini menyampaikan bahwa impian dan harapan masyarakat Muna Barat akan menjadi nyata dengan masuknya institusi perguruan tinggi di daerah itu.

“Terutama impian para orang tua yang mempunyai keinginan besar melanjutkan studi anaknya namun terkendala faktor keuangan. Dengan berdirinnya ITKBM di Kabupaten Muna Barat ini sangat membuka peluang para generasi yang ingin melanjutkan studinya karena anggaran yang dibutuhkan dipastikan relatif kecil dibandingkan melanjutkan studi di daerah lain,” ujarnya.

Ketua APDESI Kabupaten Muna Barat ini juga turut berterimakasih kepada pemerintah daerah karena dengan adannya lembaga pendidikan perguruan tinggi di Kabupaten Muna Barat ini membuka peluang sangat besar bagi para kepala desa dan perangkat desa yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi untuk mendapat gelar sarjana.

“Gelar sarjana kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Muna Barat ini masih sangat minim. Makanya dengan hadirnya lembaga pendidikan perguruan tinggi ini saya berharap   ini sebagai langkah awal untk meningkatkan persentase gelar sarjana kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Muna Barat,” katanya.

Menurutnya, pendidikan perguruan tinggi sangat penting bagi kepala desa dan perangkat desa karena menjadi laboratorium meningkatkan kualitas kepala desa, perangkat desa dan memperkuat SDM penyelenggara pemerintahan Desa.

“Pendidikan bukan hanya tentang bagaimana supaya kita bisa pintar, tapi bagaimana cara kita agar bisa mendapat ilmu untuk kita kembangkan di era 4.0 saat ini. Dengan  pendidikan kita bisa melihat dunia lebih luas. Jika kita ingin memajukan bangsa maka kita harus mengenyam dunia pendidikan lebih dalam lagi. Nelson Mandela pernah berkata “pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, anda dapat mengubah dunia”,” kata Cak Imin.

Sekretaris ISSI Kabupaten Muna Barat ini juga menambahkan dengan hadirnya ITKBM ini menjadi hadiah spesial atau kado terindah di akhir kepemimpinan akronim RAHMAT-Nya Muna Barat di bawah Kepemimpinan Bupati Muna Barat, Achmad Lamani, karena ini akan menjadi catatan sejarah untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Muna Barat.

Cak Imin juga berharap bahwa mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di ITKBM ini akan menjadi pemimpin Muna Barat di masa-masa yang akan datang.

“Melalui kesempatan ini saya mengajak kepada putra putri Muna Barat yang ingin melanjutkan studi di Program Studi Teknik Sipil (program sarjana), Program Studi Administrasi Kesehatan (program sarjana) dan Program Studi Kewirausahaan (program sarjana) untuk segera mempersiapkan dirinya karena dalam waktu dekat ini ITKBM Kabupaten Muna Barat  akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022. Pendaftaran mahasiswa baru ditempatkan di kompleks Perguruan Tinggi Muhammadiyah Muna Barat, Jalan Poros Lagadi-Tondasi, Desa Wandoke Kecamatan Tiworo Kepulauan Kabupaten Muna Barat,” pungkasnya. (rils)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi