Take a fresh look at your lifestyle.
     

Jud, Pelatih Gasko Kolaka Catatkan Sejarah di Liga 3

2,410

Sepak terjangnya di dunia sepak bola tak sependek namanya, Jud. Pria kelahiran 6 Maret 1983 ini telah meniti karir cukup panjang dalam persepakbolaan di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berawal dari pemain amatir di kampus Universitas Halu Oleo Kendari, kini menjadi pelatih top di Bumi Anoa.

Teranyar, ia mampu membawa Gasko Kolaka tembus 32 besar Liga 3 PSSI yang berlangsung di Jawa Tengah. Masih ada babak 16 besar dan 8 besar yang harus dilewati anak asuhnya.

Di karir kepelatihannya, Jud mulai ikut terlibat dalam menukangi tim Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) Sultra yang bertanding di Palembang 2009.

Pomnas ini merupakan ajang pertandingan olahraga yang populer di kalangan mahasiswa tanah air. Banyak pemain naik level nasional jebolan kejuaraan antar-mahasiswa ini.

Di kejuaraan ini, UHO meraih peringkat ketiga secara nasional di ajang tersebut.

Pada 2016, Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bergulir. UHO kembali berpartisipasi. Jud dipercaya jadi arsitek tim. Lewat tangan dinginnya, anak asuhnya mampu melewati fase babak penyisihan hingga babak gugur. Di final berjumpa dengan Universitas Negeri Riau.

Tim Gasko Kolaka merayakan kemenangan. (Istimewa)

Di laga yang alot dan tegang itu, tim UHO menang dramatis dan berhak membawa pulang medali dan piala bergilir Kemenpora di Bumi Anoa.

Pada gelaran yang sama tahun selanjutnya, 2017, UHO gagal mempertahankan gelar. Anak asuhan Jud gugur di babak final.

Setelah di UHO, Jud kemudian berlabuh ke Bombana untuk mengarsiteki tim lokal Wonua Bombana pada 2018.

Kebetulan, tim ini tengah menjalani kualifikasi memperebutkan satu slot di Sultra untuk berlaga di Liga 3 PSSI. Syukurnya, di bawah asuhan Jud, Wonua Bombana lolos Liga 3.

Di babak gugur kualifikasi wilayah, Wonua Bombana kalah agregat atas tim PS Palopo.

Gagal membawa Wonua Bombana, Jud pindah ke Kolaka menukangi Gasko Kolaka untuk kualifikasi Liga 3 2021. Dewi Fortuna kembali berpihak ke Jud. Anak asuhnya mampu mengamankan satu slot Liga 3 untuk wilayah Sultra.

Iklan oleh Google

Di babak 64 besar, anak asuhan Jud berada di Group G bersama PS Bangka Setara, Persipa Pati dan UMS Jakarta.

Di laga pembuka di Stadion Kebon Dalem Kendal, Gasko Kolaka berjumpa PS Bangka Setara. Tim asal Bumi Mekongga itu harus mengakui keunggulan Bangka dengan skor tipis 2-1.

Belajar dari kekalahan itu, Gasko Kolaka berusaha merebut poin penuh di pertandingan kedua penyisihan group. Berjumpa UMS Jakarta, Gasko Kolaka tampil menggila dan menang 2-0.

Di partai terakhir, Gasko Kolaka berjumpa tuan rumah Persipa Pati. Anak asuh Jud mampu menang tipis 2-1 sekaligus mengamankan satu tiket 32 besar.

Gasko Kolaka lolos di putaran 32 besar usai mengantongi enam poin hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah. Wakil Sulawesi Tenggara ini berada di posisi runner up di bawah Bangka Setara dengan poin sempurna hasil tiga kemenangan.

Di babak 32 besar nanti, seluruh tim akan dibagi di delapan group untuk memperebutkan tiket 16 besar.

Berdasarkan informasi, Gasko Kolaka akan tergabung dalam satu group bersama PSGC Ciamis, Mataram Utama (DIY) dan PSKB Bukit Tinggi atau PERSAK Kebumen (tergantung hasil drawing).

Setelah masuk 16 besar, maka tim akan dibagi dalam 4 group. Setiap juara group akan melaju semifinal dan otomatis lolos Liga 2, sedangkan runner up setiap group juga dipastikan lolos Liga 2.

Dihubungi Nawalamedia.id, Jud mengaku, lolosnya Gasko Kolaka di babak 32 besar menjadi sejarah tersendiri bagi pesepakbolaan Bumi Anoa. Sebab, selama ini belum ada tim dari Sultra yang lolos hingga fase 32 tim terbaik kasta ketiga sepak bola nasional.

“Ini sebuah sejarah dan patut kita syukuri. Capaian ini berkat kerjasama tim di Gasko Kolaka,” kata Jud, Minggu 13 Februari 2022.

Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Halu Oleo Kendari Muh Zamrun Firihu yang memberinya izin untuk menukangi tim Gasko Kolaka.

“Karena saya juga dosen di UHO, saya berterimakasih kepada orang tua saya pak rektor yang memberikan izin. Tak lupa pula kepada Pemda Kolaka dan sponsor yang memberikan suport kepada tim Gasko Kolaka,” tuturnya.

Jud menuturkan, di babak 32 nanti, anak asuhnya akan tampil maksimal untuk bisa lolos di 16 besar.

“InsyaAllah kita akan tampil maksimal dan mengerahkan segala kekuatan penuh untuk meraih hasil maksimal,” imbuhnya. (ah/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi