Take a fresh look at your lifestyle.
     

Dosen UHO Kendari Latih Guru Kembangkan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online

56

Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) berupa pelatihan pengembangan media evaluasi pembelajaran online berbasis Kahoot! kepada guru-guru di SD Negeri 81 Kendari, Jumat, 27 Oktober 2023.

Ketua Tim Pengabdian, Rahmad Prajono, mengatakan, saat ini masih banyak guru yang melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara konvensional dan belum memanfaatkan teknologi. Hal tersebut turut berimbas pada kurang menariknya proses pembelajaran terutama pada tingkat sekolah dasar.

Di era di mana teknologi berkembang dengan pesat, guru diharapkan mampu berinovasi dalam pembelajaran.

Kahoot! adalah salah satu platform pembelajaran berbasis permainan yang dapat digunakan sebagai bentuk inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Kahoot! memungkinkan pengguna membuat dan menjawab kuis berbentuk pilihan ganda yang dapat diakses melalui browser atau aplikasi Kahoot! Itu sendiri.

Lebih lanjut, dosen pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo ini mengungkapkan bahwa platform ini sangat mudah dalam pengoperasiannya sehingga guru dapat memanfaatkan platform ini sebagai media evaluasi pembelajaran berbentuk kuis interaktif yang dapat dilaksanakan sebagai bentuk penilaian formatif di akhir kegiatan pembelajaran harian.

“Platform ini sangat mudah digunakan untuk menyusun soal-soal evaluasi pada saat pembelajaran baik melalui perangkat android maupun komputer.Begitu pula bagi siswa saat mereka mengakses kuis yang diberikan,” katanya.

Dalam paparan sekaligus demonstrasi yang diberikan oleh Ketua Tim PkM, dijelaskan bahwa soal evaluasi yang dapat dibuat tidak hanya berbentuk teks, tetapi dapat juga menyisipkan gambar bahkan video. Selanjutnya, soal-soal evaluasi pembelajaran yang telah dibuat oleh guru tersebut dapat ditampilkan pada layar di depan kelas menggunakan infokus/proyektor kemudian peserta didik dapat menjawabnya secara langsung (real time) menggunakan perangkat yang mereka bawa.

Pelatihan pengembangan media evaluasi pembelajaran online berbasis Kahoot! kepada guru-guru di SD Negeri 81 Kendari. (Istimewa)

 

Setelah siswa menjawab setiap soal, siswa dapat langsung mengetahui hasilnya dan mereka akan memperoleh skor berdasarkan kecepatan dan ketepatan mereka menjawab soal yang diberikan.

Iklan oleh Google

Di akhir evaluasi, platform ini akan mengumumkan 3 siswa dengan perolehan skor tertinggi. Serangkaian kemudahan ini dapat membuat pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan.

Lebih lanjut, manfaat lain yang diperoleh guru adalah guru dapat memperoleh rekapan respon siswa terhadap soal evaluasi yang telah dikerjakan dalam fitur “Report”.

Hal ini memudahkan guru untuk melakukan analisis sejauh mana siswa menguasai materi pembelajaran yang baru saja mereka pelajari untuk dijadikan sebagai salah satu acuan dalam memperbaiki proses pembelajaran.

Salah satu peserta dalam kegiatan ini, Sitti Mardawiah mengatakan bahwa platform ini sangat menarik dan sangat relevan dengan kebutuhan mereka sebagai guru.

“Siswa pasti akan lebih berminat dan bersemangat mengikuti pembelajaran jika soal evaluasi ditampilkan dengan cara seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, peserta lainnya, Samuel Arkiawan, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tim PkM karena telah hadir berbagi pengalaman dan praktik baik dalam penggunaan platform Kahoot! ini.

“Terima kasih kepada Tim PkM karena pelatihan ini menambah wawasan tentang evaluasi pembelajaran dan aplikasi Kahoot!. Menarik untuk mengeksplor lebih jauh tentang fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini, supaya bisa segera diterapkan di kelas,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang guru dan dibuka secara langsung oleh Kepala SD Negeri 81 Kendari, Erniwaty, S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutannya, Erniwaty mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Halu Oleo melalui Tim Pelaksana PkM karena bersedia melaksanakan pelatihan kepada guru-guru di sekolah yang dipimpinnya.

Ia berharap guru peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan baik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi mereka. Selain itu,apa yang didapat dari hasil pelatihan ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. (yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi