Take a fresh look at your lifestyle.
   

Anggaran Sudah Siap, Pilkades di Muna Segera Digelar

267

Sebanyak 124 desa di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menjelaskan, anggaran Pilkades di Bumi Sowite telah disiapkan, sehingga penyelenggaraannya dipastikan digelar secara serentak.

“Kepastian jadwal Pilkades tergantung panitia, karena anggarannya sudah ada. Estimasinya itu di bulan Juli atau Agustus 2022,” kata LM. Rusman Emba saat ditemui di Kendari, Rabu 23 Maret 2022.

Belum lama ini, kata Rusman, pihaknya baru saja melaksanakan revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang umur calon kepala desa. Memang regulasi awal 60 tahun ke bawah. Sekarang diberikan ruang kepada calon-calon untuk 60 tahun ke atas.

Iklan oleh Google

Selain itu, belum ada larangan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk mencalonkan diri maju dalam Pilkades.

“Berdasarkan Perda dimungkinkan 60 tahun ke atas untuk mencalonkan diri. Memang ketika kita masuk di desa-desa, ada informasi ada ASN yang bakal bertarung dalam Pilkades mendatang,” jelasnya.

Bupati Muna 2 periode ini menambahkan, pihaknya memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mencalonkan diri, karena negara ini adalah negara demokrasi. Namun tentu ada pertimbangan-pertimbangan.

“Kita akan melihat aspirasi masyarakat, ketika masyarakat menginginkan maka kita berikan ruang yang seluas-luasnya kepada mereka. Siapapun yang mau bertarung di Pilkades kita akan berikan ruang,” tutupnya. (re/yat)

ARTIKEL-ARTIKEL MENARIK NAWALAMEDIA.ID BISA DIAKSES VIA GOOGLE NEWS(GOOGLE BERITA) BERIKUT INI: LINK
       
Berlangganan Berita via Email
Berlangganan Berita via Email untuk Mendapatkan Semua Artikel Secara Gratis DIkirim ke Email Anda
Anda Dapat Berhenti Subscribe Kapanpun
Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan, ruas (*) wajib diisi